PNRI Merupakan Ruh Kualitas SDM Bangsa

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Sutan Adil Hendra
Sumber :

VIVA.co.id – Wakil Ketua Komisi X DPR RI Sutan Adil Hendra menegaskan, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI) merupakan ruh dalam kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Bangsa Indonesia. Pasalnya, dengan program meningkatkan minat baca yang digalakkan PNRI, diharapkan semakin meningkatkan kualitas SDM.

Demokrat: Jika RUU HIP Bertujuan Mulia, Enggak Mungkin Rakyat Bereaksi

Demikian ditekankan Sutan di sela-sela Rapat Dengar Pendapat antara Komisi X dengan Kepala PNRI Syarif Bando beserta jajaran di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu 31 Agustus 2016. Rapat dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi X DPR Abdul Fikri Faqih.

“PNRI ini merupakan ruh dari pada SDM Bangsa Bangsa, karena program PNRI memiliki program yang sungguh luar biasa. Melalui salah satu programnya, yaitu meningkatkan minat baca diharapkan juga meningkatkan SDM Bangsa,” ujar Sutan.

Tidak Virtual DPR Rapat dengan Menhan Prabowo dan Panglima TNI

Untuk itu, politisi F-Gerindra itu menyayangkan banyaknya pemotongan anggaran program PNRI pada pagu anggaran RAPBN 2017. Sutan mengaku, tidak akan member ruang dalam pemotongan anggaran di PNRI. Mengingat, pemotongan anggaran di PNRI dapat berdampak signifikan.

“Karena ini menyangkut bagaimana anak-anak ke depan untuk mendapatkan buku, bagaimana kesejahteraan pustakawannya, hingga tingkat literasi membaca. Ini kalau tidak dikembangkan dari sekarang, ya kapan lagi. Apalagi kita merasa sangat sedih, tingkat minat baca kita dari 61 negara, kita menempati rangking ke-60,” kata Sutan.

Jika RUU HIP Dilanjutkan, PA 212 Minta Cantumkan Lagi Syariat Islam

Oleh karena itu, politisi asal dapil Jambi itu akan berjuang, agar PNRI tidak mendapatkan pemotongan anggaran pada RAPBN 2017, karena ini untuk kepentingan bangsa.

Kepala PNRI Syarif Bando mengatakan pihaknya pada RAPBN 2017 mendapat anggaran sebesar Rp563 miliar, dari total kebutuhan anggaran sebesar Rp1,874 triliun, sehingga ada kekurangan anggaran Rp1,310 triliun. Sementara pada APBN-P 2016, PNRI mendapat alokasi anggaran Rp812 miliar. (www.dpr.go.id)

Rapat Dengar Pendapat Komisi VIII DPR RI dengan Kementerian Sosial RI

DPR Setujui Pagu Indikatif Kemensos 2021 Sebesar Rp62,024 Triliun

Penyerapan anggaran Kemensos juga diapresiasi.

img_title
VIVA.co.id
25 Juni 2020