TUTUP
TUTUP
POLITIK

Sekolah Parlemen Bisa Tingkatkan Kapasitas Anggota Dewan

Bermanfaat baik untuk anggota maupun tenaga ahli.
Sekolah Parlemen Bisa Tingkatkan Kapasitas Anggota Dewan
Gedung Nusantara DPR/MPR.

VIVA.co.id - Usulan pendirian sekolah parlemen demi meningkatkan kualitas anggota DPR, menuai pro dan kontra. Ide itu disebut sebagai upaya peningkatan (upgrading) kualitas anggota DPR dalam melaksanakan fungsi legislasi, pengawasan, dan juga anggaran.

Anggota DPR dari Fraksi Partai Gerindra Supratman Andi Agtas menilai positif usulan Ketua DPR Ade Komarudin itu. Menurutnya, sekolah itu bisa bermanfaat baik untuk anggota maupun tenaga ahli.

"Itu dalam rangka upaya bagaimana peningkatan kapasitas, baik tenaga ahli maupun kemungkinan itu (untuk) anggota," kata Supratman ketika ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin, 29 Agustus 2016.

Mengenai anggapan bahwa pendidikan politik itu cukup dilakukan di internal partai saja, Supratman tak begitu sependapat. Sekolah parlemen menurutnya punya isi yang lain.

"Jadi pendidikan di partai politik itu lain. Tetapi buat kita, namanya bersekolah itu, menuntut ilmu sampai kapan pun harus tetap dilakukan," ujar Supratman.

Karena itu, dia tidak keberatan dengan usulan itu. Alasannya, sekolah itu berguna untuk memaksimalkan segala sumber daya yang ada di lingkungan parlemen.

"Ya kalo saya sih setuju-setuju saja. Kalau namanya pendidikan saya sampai hari ini ingin sekolah lagi. Jadi penyiapan sarana infrastruktur itu dalam rangka memperbaiki tata kelola parlemen nanti yang akan datang, sehingga sumber dayanya bisa maksimal," tutur Supratman.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP