Ketua MPR: Artis Punya Hak Berkontribusi untuk Negeri Ini

Ketua MPR Zulkifli Hasan.
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Ketua MPR Zulkifli Hasan mengingatkan bahwa semua orang dari mana saja dan apapun latar belakangnya memiliki hak yang sama untuk berkontribusi bagi negeri ini. Tidak terkecuali pekerja seni atau artis.

Bamsoet Nilai Sistem Demokrasi Pemilu Langsung Perlu Dikaji Ulang karena Marak Politik Uang

"Dari mana saja berasal, mau jadi apa saja, di mana saja, haknya sama. Tidak ada perbedaan satu sama yang lain. Seluruh warga negara Indonesia dari Sabang sampai Merauke punya hak yang sama," ujar Zulkifli dalam keterangan persnya, Jumat, 26 Agustus 2016.

Zulkifli pun mengundang seluruh artis khususnya mereka yang tergabung dalam Persatuan Artis Film Indonesia (Parfi) untuk ikut bersama dalam mensosialisasikan nilai-nilai Pancasila. Sebab, menggaungkan nilai keluhuran dari dasar negara itu menjadi tugas bersama.

Tim Hukum Ganjar-Mahfud Yakin MK Jadi Juru Selamat Demokrasi

"Artis itu kan publik figur jadi kalau bicara bisa dapat perhatian luas. Sekali ngomong di medsos bisa dapat perhatian puluhan ribu follower-nya. Oleh karena itu, saya mengundang dan mengajak Parfi untuk bersama-sama MPR mensosialisasikan empat pilar," kata dia.

Lebih lanjut, ia juga meminta agar Kongres ke-15 Parfi yang akan diadakan di Nusa Tenggara Barat (NTB) malam ini, bisa memberi manfaat bagi seluruh artis untuk menghadapi era demokrasi bebas. Karena, bila tidak memiliki bekal yang siap, maka siapa saja bisa terhempas.

Anies: Pengumuman Angka Suara Pemilu dari KPU Tak Mutlak Tentukan Kualitas Demokrasi

"Demokrasi kita membuka persaingan bebas. Parfi siapkan organisasi dengan baik, artis siapkan diri dengan baik tambah terus ilmunya agar tidak tergerus. Melalui kongres saya harap diberi pelatihan dan bekal apapun untuk modal agar dapat bersaing di era demokrasi bebas ini," tuturnya.

Belakangan ini, tersiar kabar bahwa pemerintah akan membuat aturan baru pada Rancangan Undang Undang Pemilu. Salah satunya mengatur agar partai-partai politik tidak asal menaikkan orang yang hanya berbekal ketenaran, seperti artis. Rencana ini pun menimbulkan polemik di kalangan masyarakat. 

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, saat mengecek 11 jenis komoditi impor ilegal dengan nilai pabean mencapai Rp 9,33 miliar, di wilayah Citereup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis, 28 Maret 2024.

Pemerintah Musnahkan Barang Impor Ilegal Senilai Rp 9,33 Miliar Demi Lindungi Konsumen

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan memimpin pemusnahan 11 jenis komoditi impor ilegal dengan nilai pabean mencapai Rp 9,33 miliar, di Citereup, Kabupaten Bogor.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024