TUTUP
TUTUP
POLITIK

Besok, PKB Deklarasikan Calon Gubernur DKI Jakarta

Sejauh ini, kandidat terkuat adalah Sandiaga Uno.
Besok, PKB Deklarasikan Calon Gubernur DKI Jakarta
PKB DKI Jakarta gelar konferensi pers, Rabu, 24 Agustus 2016. (VIVA.co.id/ Anwar Sadat.)

VIVA.co.id - Dewan Pimpinan Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa DKI Jakarta akan mengumumkan nama bakal calon Gubernur DKI Jakarta yang mereka dukung pada Pilkada DKI 2017 mendatang. Deklarasi akan dilakukan di Pondok Pesantren Al Qudwah Al Muqoddash, Cakung, Jakarta Timur.

"Insya Allah besok kita akan adakan deklarasi untuk cagub (calon gubernur) yang akan didukung oleh PKB, dan akan dideklarasikan di kediaman Dewan Syuro PKB, KH Ahmad Fauzi," kata Ketua DPW PKB DKI Jakarta, Hasbiallah Ilyas, di Kantor DPW PKB, Jalan H. Murtadho, Matraman, Jakarta Pusat, Rabu, 24 Agustus 2016.

Sejauh ini, menurut Hasbi, kandidat terkuat yang akan didukung DPW PKB yaitu calon gubernur dari partai Gerindra, Sandiaga Uno. "Sampai hari ini yang terkuat bapak Sandi, dan mudah-mudahan besok PKB mendeklarasikan beliau," ujarnya.

Hasbi mengatakan, PKB mempunyai mekanisme dalam menentukan calon yang akan didukungnya. Beberapa cara untuk menentukan figur yang akan didukung yaitu melalui mendengarkan aspirasi rakyat dan kader PKB. Kemudian berdasarkan masukan dari pimpinan pusat. Selain itu juga meminta pendapat dari kiai dan ulama.

"DPP kami selalu hormati ulama kiai. Kami minta restu ke ulama, Dewan Syuro PKB kan juga ulama. Kami juga meminta petunjuk secara vertikal dengan salat istikharah," katanya.

Menurut Hasbi, PKB tak mempermasalahkan posisi Sandiaga yang bukan merupakan kader PKB. Mereka lebih melihat pada karakter seseorang. "Sandi seorang yang agak luwes, bagus, cocok dengan Nahdhatul Ulama," ujarnya beralasan.

Sejauh ini, hampir seluruh pengurus DPW, DPC, dan juga para kiai lebih condong untuk mendukung Sandiaga Uno. Hasbi juga tak membantah jika Sandiaga sudah menerima surat deklarasi dari PKB. "Mungkin, (sudah terima surat deklarasi)," katanya.

Dalam deklarasi dukungan cagub yang akan dilakukan besok, Hasbi meminta agar masyarakat khususnya para kader PKB untuk dapat hadir di acara tersebut. Alasannya, deklarasi ini bukan hanya dari PKB tetapi juga dari rakyat.

"Saya mengundang untuk acara besok, kepada alumni Ponpes Lirboyo, Tebu Ireng dan lain-lain yang ada di Jakarta untuk ikut hadir dalam deklarasi besok."

(mus) 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP