TUTUP
TUTUP
POLITIK

Komisi I Tunggu Kepastian Surat Penggantian Kepala BIN

Komisi I siap segera mengadakan uji kepatutan dan kelayakan.
Komisi I Tunggu Kepastian Surat Penggantian Kepala BIN
Kepala Badan Intelijen Negara, Sutiyoso. (VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar)

VIVA.co.id – Wakil Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), TB Hasanuddin mengatakan belum mengetahui secara pasti soal isu pergantian kepala Badan Intelijen Negara (BIN). Meskipun sejak Senin petang, 22 Agustus 2016, kabar tersebut santer terdengar bahwa Komjen Pol. Budi Gunawan akan menggantikan Kepala BIN Sutiyoso.

"Tapi siapapun, kami akan melakukan uji kelayakan dan nanti hasilnya kami berikan pertimbangan-pertimbangan kepada Beliau (Presiden)," kata TB Hasanuddin di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa, 23 Agustus 2016.

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini menegaskan, surat dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal penggantian Kepala BIN itu telah dikirimkan, maka Komisi I akan segera menindaklanjuti dengan mempersiapkan uji kepatutan dan kelayakan.

"Andaikan ada, nanti dalam waktu segera kami akan laksanakan uji kelayakan dan memberikan pertimbangan, bukan persetujuan ya," ujar TB Hasanuddin.

Sementara itu, Wakil Ketua DPR Agus Hermanto mengatakan soal pergantian Kepala BIN belum disinggung di Sidang Paripurna DPR hari ini. Agus menegaskan, belum ada surat Presiden yang masuk ke DPR soal hal itu.

"Sampai kemarin itu saya belum mendengar ada surat pencalonan BIN yang masuk," ujar Agus, Politikus Partai Demokrat ini.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP