TUTUP
TUTUP
POLITIK

Ruhut Setuju Artis Diperketat Jadi Caleg

Menurutnya, selama ini ada yang cuma 4 D. Datang, duduk, diam, duit.
Ruhut Setuju Artis Diperketat Jadi Caleg
Anggota Komisi III dari Fraksi Partai Demokrat Ruhut Sitompul. (VIVAnews/Ikhwan Yanuar)

VIVA.co.id - Pemerintah akan membuat aturan baru pada Rancangan Undang-Undang Pemilu. Salah satunya mengatur agar partai-partai politik tidak asal menaikkan orang yang hanya berbekal ketenaran, seperti artis.

Menanggapi wacana itu, anggota DPR Fraksi Partai Demokrat Ruhut Sitompul mengaku setuju. Ia menilai perlu ada pengetatan politikus yang akan masuk ke Parlemen.

"Aku dukung. Kan ada yang datang tahunya tak mengerti politik. Tahunya datang 4D: datang, duduk, diam, duit," kata Ruhut, Senayan, Jakarta, Senin, 22 Agustus 2016.

Namun, anggota Komisi III DPR ini menilai tidak semua yang berlatar belakang artis benar-benar tidak mengerti politik. Ia mencontohkan artis-artis yang juga paham politik seperti Rieke Diah Pitaloka, Nurul Arifin, dan juga dirinya.

"Aku maunya kayak si Oneng (Rieke), gue, Nurul. Kami artis, tapi kami berpolitik dulu. Nah, yang lain mau diharapkan jadi aja. Nah, ini rusak," ujar Ruhut.

Sebelumnya, regulasi itu diusulkan karena keprihatinan banyaknya anggota Dewan yang tidak mengerti tugas legislasi. Anggota Dewan itu malah disebut tetap menjalani kesibukan sebagai artis.

"Kita rencananya akan melihat dari kartu anggota partai mereka. Minimal satu tahun menjadi anggota partai," kata Dani Syarifudin Nawawi, dari Tim Pakar Pemerintah dalam Penyusunan RUU Penyelenggaraan Pemilu. [Baca selengkapnya di sini].

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP