Ruhut Setuju Artis Diperketat Jadi Caleg

Anggota Komisi III dari Fraksi Partai Demokrat Ruhut Sitompul.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Pemerintah akan membuat aturan baru pada Rancangan Undang-Undang Pemilu. Salah satunya mengatur agar partai-partai politik tidak asal menaikkan orang yang hanya berbekal ketenaran, seperti artis.

Dari Politikus Dadakan Jadi Anggota DPR, Uya Kuya: Siap Amanah dan Tak Akan Khianati Rakyat!

Menanggapi wacana itu, anggota DPR Fraksi Partai Demokrat Ruhut Sitompul mengaku setuju. Ia menilai perlu ada pengetatan politikus yang akan masuk ke Parlemen.

"Aku dukung. Kan ada yang datang tahunya tak mengerti politik. Tahunya datang 4D: datang, duduk, diam, duit," kata Ruhut, Senayan, Jakarta, Senin, 22 Agustus 2016.

Melenggang ke Senayan, Nafa Urbach Langsung Tancap Gas Promosi Wisata

Namun, anggota Komisi III DPR ini menilai tidak semua yang berlatar belakang artis benar-benar tidak mengerti politik. Ia mencontohkan artis-artis yang juga paham politik seperti Rieke Diah Pitaloka, Nurul Arifin, dan juga dirinya.

"Aku maunya kayak si Oneng (Rieke), gue, Nurul. Kami artis, tapi kami berpolitik dulu. Nah, yang lain mau diharapkan jadi aja. Nah, ini rusak," ujar Ruhut.

Ikhlas Cuma Dapat 11 Suara di Pemilu, Dede Sunandar Makin Dekatkan Diri pada Allah

Sebelumnya, regulasi itu diusulkan karena keprihatinan banyaknya anggota Dewan yang tidak mengerti tugas legislasi. Anggota Dewan itu malah disebut tetap menjalani kesibukan sebagai artis.

"Kita rencananya akan melihat dari kartu anggota partai mereka. Minimal satu tahun menjadi anggota partai," kata Dani Syarifudin Nawawi, dari Tim Pakar Pemerintah dalam Penyusunan RUU Penyelenggaraan Pemilu. [].

Verrell Bramasta.

Torehan Apik Caleg Artis Pendatang Baru, Tembus Suara Tertinggi hingga Singkirkan Politisi Senior

Meski baru pertama kali menjajal gelanggang pertarungan politik parlemen, tapi beberapa caleg artis mampu tampil berjaya dengan mampu meraup suara yang cukup signifikan.

img_title
VIVA.co.id
3 April 2024