Yusril: Ahok Mudah Bermanuver karena Didukung Jokowi

Yusril Ihza Mahendra dan Jokowi.
Sumber :
  • VIVAnews/Rohimat

VIVA.co.id - Salah satu bakal calon Gubernur DKI Jakarta Yusril Ihza Mahendra mengatakan, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok memiliki sejumlah keuntungan dalam Pilkada Jakarta mendatang. Menurutnya, keuntungan itu yang membuat Ahok saat ini lebih mudah bermanuver.

Dewan Pengawas KPK Masih Rahasia

"Selain berposisi sebagai petahana dan didukung jaringan media mainstream, di belakang Ahok ada Jokowi yang kebetulan sedang menjabat Presiden RI," kata Yusril dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 19 Agustus 2016.

Menurut Yusril, dukungan Jokowi kepada Ahok ini sudah menjadi rahasia umum, termasuk dalam hubungannya dengan proses pengambilan keputusan Pilgub DKI di internal PDIP.

Video Kisah Yusril Dikirimi Beras 20 Kg Tiap Bulan oleh BJ Habibie

"Mestinya sebagai negarawan, Presiden berada di atas semua faham dan semua golongan, sebagaimana digagas oleh The Founding Fathers kita," kata Yusril.

Dalam Pilkada, lanjut dia, seorang Presiden seharusnya bersikap netral dan mengayomi semua kandidat yang akan maju ke pencalonan. Bukan justru bermanuver menunjukkan sikap pemihakan dan dukungan kepada Ahok sebagai salah satu kandidat.

Video Cerita Yusril Disopiri BJ Habibie Ngebut di Jalanan Hamburg

"Saya dengan segala kemampuan terbatas yang saya miliki, akan mengikuti proses pencalonan Gubernur DKI ini sampai akhir, termasuk meyakinkan pimpinan partai-partai politik yang masih terbuka untuk mengajukan calon yang dianggap pantas untuk diusung," ujar pakar hukum tata negara ini.

Mengenai bagaimana hasil akhirnya nanti, Yusril memilih menyerahkannya kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

"Apapun keputusannya, saya anggap itulah yang terbaik buat saya."

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya