Pengganti Arcandra Tahar Disarankan dari Profesional

Mantan Menteri Energi dan Sumberdaya Minerl Arcandra Tahar saat sambangi Istana Merdeka, Rabu (17/8/2016)
Sumber :
  • Agus Rahmat/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo memberhentikan Arcandra Tahar sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Publik kini menanti siapa yang akan menggantikan posisi Arcandra tersebut secara permanen.

Menteri LHK: Pembangunan Tak Boleh Terhenti Atas Nama Deforestasi

"Sebaiknya Menteri ESDM yang menggantikan Arcandra Tahar, adalah orang yang profesional, non partisan terhadap kelompok apa pun, dan juga bukan dari partai politik," kata pengamat politik dari Universitas Jayabaya Igor Dirgantara lewat keterangan tertulisnya, Jumat, 19 Agustus 2016.

Igor berpendapat, bila menteri berasal dari parpol tentu akan terus gaduh. Kemudian terjadi perdebatan politik yang panjang. "Kondisi obyektif sekarang justru yang dibutuhkan adalah figur yang bisa merangkul semua pihak. Mengingat sektor energi amat strategis, harus dipilih orang yang tenang, tapi terampil bekerja," katanya.

Menko Luhut Ingatkan Visi Poros Maritim Dunia Harus Terealisasi

Selain itu, calon Menteri ESDM juga harus memahami semua prosedur kontrak-kontrak investasi di sektor pertambangan, membangun pondasi regulasi yang jelas, dan mampu secara aktif mengarahkan ke mana sektor energi bergerak.

"Selain itu jelas soal kejujuran dan karakter, nasionalisnya tinggi,” katanya.

Bonus Setara, Ketua NPC Indonesia Apresiasi Presiden dan Menpora

Oleh karena itu, dia meminta Jokowi hati-hati, dan tidak terburu-buru. Kemudian menghindari bisikan orang sekelilingnya yang salah dalam kasus Arcandra.

Jokowi memberhentikan Arcandra Tahar karena dia warga negara Amerika Serikat. Ia lantas menunjuk Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan, Luhut Binsar Pandjaitan, sebagai pelaksana tugas.

Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi.

Mendag Lutfi Dinobatkan Jadi Pemimpin Terpopuler oleh Warganet

Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi, dinobatkan sebagai Pemimpin Paling Populer 2021. Penghargaan diberikan oleh PR Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
10 Desember 2021