DPR Terpilih Tuan Rumah Sidang ke-9 AIPA Caucus

DPR Terpilih Tuan Rumah Sidang ke-9 AIPA Caucus
Sumber :

VIVA.co.id – DPR terpilih menjadi tuan rumah Sidang ke-9 AIPA Caucus yang akan diadakan tahun 2017 mendatang. Keputusan ini diambil dalam rapat pleno AIPA Caucus yang berlangsung di Luang Prabang, Laos, Kamis (11/08/2016) lalu. Usai sidang, Anggota Delegasi DPR Sartono (F-PD) mengatakan, sejumlah isu penting akan menjadi soroton dalam sidang di Indonesia nanti.

Tantangan ASEAN di Usia ke-55 Tahun

“DPR RI akan membawa isu-isu yang relevan untuk dibahas parlemen AIPA nantinya. Kami sangat menyadari bahwa selama ini AIPA terus menjadi organisasi yang vokal dan krusial dalam mendukung visi-misi ASEAN,” kata politisi yang juga Anggota Komisi VI DPR itu.

Saat diskusi mengenai implementasi CITES (Convention on Illegal Wildlife Trade of Endangered Species of Wild Fauna and Flora), Anggota Delegasi DPR, Mahfuz Sidik (F-PKS) menyampaikan adanya revisi Undang-Undang No 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumberdaya Alam Hayati dan Ekosistemnya yang akan meningkatkan sanksi kepada para pelaku perdagangan illegal satwa liar.

Myanmar Bebaskan Ratusan Tahanan Politik

Masih dalam kesempatan sidang, Delegasi DPR RI juga mengapresiasi pembentukan ASEAN Senior Official’s Meeting on Transnational Crime (SOMTC) Working Group on Illegal Wildlife and Timber Trafficking yang secara signifikan telah menempatkan perdagangan satwa liar dan kayu dengan kejahatan lintas negara besar lainnya seperti perdagangan narkoba, perdagangan manusia, terorisme dan penyelundupan senjata.

Sementara saat acara penutupan, Sekretaris Jenderal AIPA, Periowsamy Otharam juga menyampaikan inisiatif pembentukan Joint Working Group antara ASEAN dan AIPA yang akan memperkuat harmonisasi legislasi di kawasan ASEAN.

Indonesia Mencalonkan Diri Jadi Anggota Komisi PBB untuk Narkotika

Acara penutupan rangkaian AIPA Caucus diadakan di Arts Center Room, Luang Prabang View Resort dan dihadiri oleh 44 anggota parlemen dari kawasan ASEAN dan juga perwakilan dari Sekretariat ASEAN, USAID dan Freeland International. (www.dpr.go.id)

Menlu Indonesia Retno Marsudi (Tangkapan Layar dalam Kemkominfo TV)

Tantangan Indonesia Sebagai Ketua ASEAN 2023

Ada beberapa tantangan yang perlu dihadapi Indonesia agar berhasil menjalankan perannya sebagai ketua ASEAN 2023.

img_title
VIVA.co.id
25 Januari 2023