Pemerintah Harus Memperkuat BLK untuk Latih TKI

Anggota Komisi IX Okky Asokawati
Sumber :
  • Lynda Hasibuan/ VIVA

VIVA.co.id – Anggota Komisi IX DPR RI Okky Asokawati menegaskan pemerintah harus memperkuat Balai Latihan Kerja (BLK) guna melatih Tenaga Kerja Indonesia (TKI) agar lebih siap dalam mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi di negara tujuan.

DPR Setujui Pagu Indikatif Kemensos 2021 Sebesar Rp62,024 Triliun

"Pemerintah harus memperkuat BLK untuk melatih calon TKI," kata Okky Asokawati dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa 16 Agustus 2016.

Menurut Okky, bila BLK yang ada belum siap maka alternatif sementaranya adalah pelatihan terhadap TKI tetap dilakukan oleh pihak swasta.

Demokrat: Jika RUU HIP Bertujuan Mulia, Enggak Mungkin Rakyat Bereaksi

Namun, lanjut politisi PPP itu, dalam hal pengiriman dan penempatan harus sepenuhnya dilakukan negara.

"Negara harus mengurus persoalan TKI mulai dari pelatihan calon TKI hingga penempatan," ujar Okky Asokawati.

Tidak Virtual DPR Rapat dengan Menhan Prabowo dan Panglima TNI

Menurutnya, negara perlu mengurus semua basis data TKI karena hal tersebut dalam rangka pendataan yang lebih baik karena melalui satu pintu serta dinilai bakal meminimalkan pemalsuan dokumen.

Pada saat ini, lanjutnya, ada dua pintu yang mengurus persoalan TKI yakni pihak swasta melalui Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PPTKIS) dan negara melalui Kemenaker sebagai regulator dan BNP2TKI sebagai operator.

Namun, ia menyayangkan perlu adanya kejelasan kewenangan Kemenaker dan BNP2TKI agar tidak terjadi tarik menarik dan egosektoral.

"Bila ditelaah dari setiap permasalahan yang muncul terhadap TKI sebenarnya bersumber dari persoalan di dalam negeri seperti pemalsuan dokumen dan kualitas sumber daya manusia," katanya.  (webtorial)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya