Jokowi Akui Fungsi dan Peran DPD

Presiden Joko Widodo.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Dewan Perwakilan Daerah (DPD) beberapa waktu ini menjadi salah satu lembaga negara yang mendapatkan sorotan. Fungsi dan peran mereka dipertanyakan sejumlah pihak karena dinilai hanya sebagai pelengkap konstitusi semata.

Waketum Nasdem Temui Prabowo Subianto, Sinyal Gabung Koalisi Prabowo-Gibran Menguat?

Namun, dalam pidato tahunan di Gedung MPR, Senayan, Jakarta, Selasa, 16 Agustus 2016, Presiden Joko Widodo bersikap berbeda. Jokowi justru mengakui fungsi dan peran DPD.

"Sejalan dengan upaya negara untuk memperjuangkan aspirasi daerah, DPD RI telahmemantapkan peran, tugas, dan fungsinya sesuai amanat konstitusi," kata Jokowi diikuti tepuk tangan para hadirin.

Komposisi Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran Tunggu Penetapan Resmi KPU

Menurut Jokowi, DPD telah berpartisipasi aktif pada penetapan berbagai kebijakan pemerintah yang terkait dengan peningkatan kualitas pemilihan kepala daerah, percepatan pembangunan perbatasan negara, serta perlindungan sosial.

"DPD juga ikut mendukung pengembangan ekonomi kreatif hingga penyelesaian masalah kekerasan terhadap anak dan remaja," lanjut Jokowi.

Dianggap Bukan Lagi Kader PDIP, Zulhas: Rumah Pak Jokowi dan Gibran Namanya PAN

Lebih lanjut, Jokowi juga memberikan apresiasi atas komitmen DPD dalam mendukung kebijakan Amnesti Pajak, penguatan Bank Pembangunan Daerah, dan pengembangan koperasi.

Capres pemenang Pilpres 2024, Prabowo Subianto di kediamannya di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Selasa, 23 April 2024

Prabowo Segera Bahas Koalisi Setelah Ditetapkan Jadi Presiden Terpilih Besok

Prabowo akan membangun komunikasi dengan semua elite politik untuk membangun koalisi.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024