TUTUP
TUTUP
POLITIK

Fadli Zon: Arcandra Cuma Jadi Korban

"Banyak Arcandra-Arcandra lain di luar sana," kata Fadli Zon
Fadli Zon: Arcandra Cuma Jadi Korban
Mantan Menteri ESDM Arcandra Tahar bersama Sudirman Said (ANTARA/Muhammad Adimaja)

VIVA.co.id – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Fadli Zon menilai kasus Arcandra Tahar adalah kecerobohan Presiden Joko Widodo dalam memilih para pembantunya. Menurutnya hal ini tidak perlu terjadi jika rekrutmen memperhatikan syarat-syarat yang harus dipenuhi.

"Ini harus secara teliti, cermat segala macam background yang menyangkut pendidikan, status kewarganegaraan, satu hal yang paling standar," kata Fadli di DPR, Selasa, 16 Agustus 2016.

Fadli menilai Arcandra Tahar juga menjadi korban dalam kesalahan ini. Menurutnya Arcandra Tahar adalah putra Indonesia yang berada di luar negeri dan memiliki keahlian yang diperlukan Indonesia.

"Saya kira banyak Arcandra-Arcandra lain di luar sana, saya juga berharap WNI yang bekerja di luar bisa kembali ke dalam negeri," ujar politikus Partai Gerindra tersebut.

Sementara itu, Ketua DPR RI Ade Komarudin juga tidak ingin polemik ini menjadi kegaduhan baru. Ia sendiri tidak ingin berandai-andai dalam masalah ini. "Jangan sampai karena hal ini ada kegaduhan baru. Justru kontraproduktif dengan keadaan sekarang," kata Akom.

Terhitung hari ini, Presiden Joko Widodo resmi menonaktifkan Menteri Energi dan Sumberdaya Mineral Arcandra Tahar. Lelaki berdarah Padang Sumatera Barat ini tersangkut status kewarganegaraan Amerika Serikatnya.

Arcandra Tahar pun diberhentikan meski baru 20 hari menjabat sebagai menteri. "Presiden memutuskan untuk memberhentikan dengan hormat saudara Arcandra Tahar dari posisinya sebagai menteri ESDM," ujar Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dalam keterangan pers di kompleks Istana Jakarta, Senin malam, 15 Agustus 2016.

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP