TUTUP
TUTUP
POLITIK

Tak Diusung PDIP, Wakil Bupati Sangihe Coba ke Golkar

Namun Partai Golkar juga belum memastikan bakal mengusungnya.
Tak Diusung PDIP, Wakil Bupati Sangihe Coba ke Golkar
Hironimus Rompas Makagansa berjabat tangan dengan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. (Agustinus Hari)

VIVA.co.id – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sulawesi Utara telah memutuskan bakal mengusung petahana Hironimus Rompas Makagansa sebagai calon Bupati Kepulauan Sangihe. Sementara Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Sangihe Jabes Gaghana yang merupakan Wakil Bupati Sangihe ternyata telah melamar ke Partai Golkar pekan lalu setelah PDIP tidak mengusungnya di pemilihan kepala daerah (pilkada).

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I Partai Golkar Sulawesi Utara Stevanus Vreeke Runtu saat dikonfirmasi pada Minggu, 14 Agustus 2016, membenarkan Jabes sudah melamar ke partainya.

"Ya benar, Ketua PDIP Sangihe Jabes Gaghana telah mendaftar di Partai Golkar,” kata Stevanus Vreeke.

Menurut Vreeke, sejak dibuka pendaftaran bakal calon kepala daerah pekan lalu, banyak kandidat yang mendaftar ke Partai Golkar.

“Beberapa calon sudah mendaftar, salah satunya Pak Jabes. Tapi kami masih menunggu calon mana yang tepat akan jadi jagoan Golkar," ujar Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) ini.

Dia berharap, para calon dari Golkar yang bertarung di pilkada dua daerah di Sulawesi Utara yaitu di Kabupaten Kepulauan Sangihe dan dan Kabupaten Bolaang Mongondow akan mendapat dukungan dari rakyat.

“Mudah-mudahan calon-calon yang kami tetapkan nanti mendapat dukungan masyarakat," kata mantan Bupati Minahasa ini.

Sementara warga Sangihe memperkirakan persaingan di Pilkada Sangihe pada Februari 2017 nanti bakal sengit. Bupati Kepulauan Sangihe Hironimus Rompas Makagansa dan Wakil Bupati, Jabes Gaghan dipastikan mengambil jalan sendiri-sendiri. Di pilkada sebelumnya, pasangan itu diusung oleh PDIP.  

“Pak Jabes yang seharusnya diusung PDIP nyatanya tidak memperoleh mandat partai dan mendaftar di Golkar. Dipastikan pendukung setianya akan ramai mendukungnya meski bukan lagi menggunakan kendaraan PDIP. Sedangkan Pak Horonimus diketahui masih sangat kuat sebagai petahana. Sangat menarik perebutan Sangihe 1,” kata tokoh pemuda Sangihe, Ridy Manikoe.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP