TUTUP
TUTUP
POLITIK

JK Bicara soal Nuansa Persaingan Ahok-Risma

"Namanya pilkada selalu yang bertarung itu isu," kata JK.
JK Bicara soal Nuansa Persaingan Ahok-Risma
Wakil Presiden, Muhammad Jusuf Kalla. ( REUTERS/Beawiharta)

VIVA.co.id – Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) menanggapi soal nuansa persaingan yang mulai terjadi antara Gubernur DKI Jakarta Basuki "Ahok" Tjahaja Purnama dan Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini atau Risma. Hal tersebut antara lain soal kinerja menangani masalah trotoar pejalan kaki di Jakarta dan Surabaya.

JK berujar bahwa kondisi tersebut sangat biasa terjadi menjelang pemilihan kepala daerah (pilkada). Apalagi kata dia, kebetulan keduanya dikaitkan dengan persaingan untuk mendapatkan kursi DKI 1 pada Pilkada 2017 mendatang.

Namun JK mengatakan perseteruan itu tak lepas dari peran media yang turut memantik pernyataan-pernyataan panas dari dua kepala daerah. Padahal perbedaan sudut pandang dan pendapat dinilai adalah hal yang biasa.

"Ya namanya saja pilkada selalu yang bertarung itu isu-isu. Biasa yang mempertarungkan Anda semua kan (media). Pertanyaan-pertanyaan yag memicu jawaban bertentangan," ujar JK di Kantor Wakil Presiden di Jakarta Pusat, Jumat 12 Agustus 2016.

Meski demikian, JK menyadari, di balik ketegangan tersebut, sebetulnya yang menjadi persoalan dari kedua belah pihak adalah soal "kendaraan politik" yang bakal mengusung di pilkada nantinya.

"Jadi tergantung partai-partai politik khususnya PDIP mau ke mana ini," ungkap JK.

Namun pada akhirnya kata dia, meskipun diawali dengan gesekan-gesekan politis, yang tetap akan memutuskan gubernur terpilih adalah masyarakat  Jakarta yang memiliki hak pilih.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP