Di Terminal 3, Anda Bebas Keluar Masuk Terminal

Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta
Sumber :
  • VIVA.co.id/Chandra G Asmara

VIVA.co.id - PT Angkasa Pura II (Persero) menawarkan berbagai fasilitas mengagumkan di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Salah satu fasilitas yang paling ditonjolkan, misalnya seperti Baggage Handling System Level V, sampai dengan keamanan yang memadai.

Siap Layani Internasional, Terminal 3 Soeta Harus Diaudit

Namun, tak sampai di situ. PT Angkasa Pura II selaku pengelola bandar udara memberikan kemudahan bagi para penumpang, dari yang sebelumnya tidak pernah dirasakan di seluruh bandara di wilayah Indonesia. Penasaran? Mari kita tengok.

Berdasarkan penelusuran VIVA.co.id di lokasi, Selasa 9 Agustus 2016, sebelum masuk ke dalam terminal, biasanya Anda akan menghadapi para petugas bandara, yang biasanya melakukan kroscek ulang tiket penerbangan yang sebelumnya sudah Anda pesan.

Terminal 3, Usaha Perbaiki Citra Bandara Soekarno-Hatta

“Tetapi, kalau disini (Terminal 3), hebatnya Anda masuk tidak perlu menggunakan tiket, alias tidak diperiksa oleh petugas,” jelas salah seorang petugas AP II yang enggan disebutkan namanya, saat berbincang dengan VIVA.co.id di Terminal 3, Tangerang, Banten.

Terminal 1 dan Terminal 2, kata dia, masuk dalam kategori terminal Daerah Keamanan Terbatas, yang artinya setiap penumpang memang harus melalui mekanisme pemeriksaan. Sementara itu, di Terminal 3, masuk dalam kategori Daerah Terbatas, yang artinya diperbolehkan tanpa melalui mekanisme pemeriksaan.

Terminal 3 Bandara Soetta Mulai Dipadati Ribuan Penumpang

“Jadi, semua bisa masuk, termasuk yang mengantar penumpang. Kalau Anda mau keluar dulu, itu bisa dilakukan,” ujarnya.

Meski begitu, bukan berarti kebebasan tersebut tidak diwaspadai oleh pengelola bandara. Maka dari itu, ketersediaan fasilitas keamanan yang menunjang pun menjadi komitmen pengelola, maupun pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

“Tragedy Brussel itu menjadi contoh. Makanya, di sini kami ada X-Ray,” kata dia. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya