Full Day School Bisa Berjalan Bila Fasilitas Memadai

Anak-anak Sekolah Rakyat Ancol
Sumber :

VIVA.co.id – Anggota Komisi X DPR Dadang Rusdiana mengatakan rencana sistem 'full day school' tingkat pendidikan dasar dan menengah untuk negeri dan swasta harus melalui pengkajian lebih dalam. Sebab, mengubah kebiasaan yang sudah lama berjalan membutuhkan usaha lebih.

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

"Karena ini mengubah kebiasaan yang selama ini kita lakukan. Artinya siapkah anak-anak kita dengan perubahan seperti ini. Karena tentunya fasilitas yang disiapkan sekolah untuk sekolah sepenuh hari harus dilakukan pula," kata Dadang saat dihubungi, Senin 8 Agustus 2016.

Ia mencontohkan setidaknya pemerintah harus memikirkan untuk menyediakan tempat istirahat yang memadai buat anak. Lalu harus ada fasilitas kantin yang aman bagi kesehatan, dan tentunya uang saku harian yang cukup.

Bingung Pilih Sekolah untuk Anak? Ini 5 Tipsnya

"Siapa ini yang menjamin semua ini? Sudah siapkah pemerintah? Sementara ruang belajar saja masih banyak yang rusak. Ini masalah. Jadi kebijakan tersebut jangan terburu-buru dilakukan, sebelum sarana prasarana pendukung disiapkan," kata Dadang.

Ia menambahkan sekolah yang memiliki keterbatasan kelas juga harus diinventarisir. Biasanya sekolah jenis ini membuat shift jam sekolah untuk pagi dan siang.

Mengintip Profil Galih Sulistyaningra, Guru SD Lulusan University College London

"Masa shift kedua harus belajar sampai tengah malam, kan enggak mungkin. Jadi perlu kajian terlebih dahulu. Kalau perlu Komisi X membentuk panja dulu untuk menguji kesahihan konsep full days school tersebut," kata Dadang.

Arie Untung dan Fenita Arie.

Heboh Uang Jajan Anak Artis, Arie Untung dan Fenita Arie Terapkan Kesederhanaan

Menurut Fenita Arie, pendidikan tentang keuangan sangat penting untuk ditanamkan sejak dini. Hal ini agar anak dapat terbiasa hidup mandiri dan tidak bergantung orang tua

img_title
VIVA.co.id
22 Maret 2024