TUTUP
TUTUP
POLITIK

Politikus PDIP: Pemerintahan Bukan Cuma Dijalankan Ahok

Kepala Daerah yang maju pilkada harus cuti selama masa kampanye
Politikus PDIP: Pemerintahan Bukan Cuma Dijalankan Ahok
Ahok dan Wakil Ketua DPRD DKI Mohamad Taufik  (Fajar GM)

VIVA.co.id - Keinginan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok untuk mengajukan judicial review atas pembatalan cuti selama masa kampanye dinilai tak relevan.

Dasar Ahok menyebutkan akan ada masalah pemerintahan jika ia cuti, dianggap tak berdasar. Sebab, jalannya sebuah pemerintahan tidak cuma mengandalkan seorang kepala daerah.

Baca Juga:
Ahok Ingin Cuti Saat Kampanye, Bukan Selama Masa Kampanye
Tak Mau Cuti Kampanye, Ahok Takut Ada Sabotase Banjir
UU Paksa Ahok Cuti Selama Kampanye

"Pemerintahan daerah itu dilaksanakan oleh kepala daerah dan DPRD, bukan Ahok sendiri, harusnya dia (Ahok) paham aturan hukum ini," kata politikus PDIP Arteria Dahlan, Sabtu, 6 Agustus 2016.

Anggota Komisi II DPR ini menyebutkan, dahulu aturan agar kepala daerah hanya cuti saat hari kampanye pernah dilakukan. Namun faktanya, hal itu justru dimanfaatkan untuk hal yang tidak bermanfaat. "Mudaratnya yang banyak," kata Arteria.

Menurut Arteria, kepala daerah yang tidak menjalankan cuti selama masa kampanye, sangat berpotensi membuat kejahatan demokrasi. "Incumbent banyak melakukan kejahatan demokrasi dalam konteks politik anggaran, dan melakukan perdagangan pengaruh, nah ini yang kita cegah," ujarnya.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP