TUTUP
TUTUP
POLITIK

Demokrat Segera Umumkan Bakal Cagub DKI yang Diusung

Demokrat juga tengah menjajaki koalisi di Pilkada DKI Jakarta.
Demokrat Segera Umumkan Bakal Cagub DKI yang Diusung
Ilustrasi Pilkada Serentak (VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi)
VIVA.co.id - Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Syarief Hasan mengatakan Partai Demokrat akan memutuskan bakal calon gubernur (cagub) DKI Jakarta yang akan didukung sebelum 17 Agustus 2016 mendatang.

"Kami masih punya waktu untuk pelajari siapa yang paling pas memimpin DKI Jakarta," kata Syarief di Gedung DPR, Jakarta, Senin 1 Agustus 2016.

Ia menuturkan, Demokrat terus mengamati tokoh-tokoh bakal calon gubernur yang sudah muncul. Bahkan Demokrat juga memantau bakal calon yang tidak didengungkan ke publik. Yang bakal menjadi pertimbangan menurut Syarief adalah faktor elektabilitas, integritas dan kompetensi bakal calon. 

"Demokrat akan membahas dalam forum Majelis Tinggi yang diketuai pak Susilo Bambang Yudhoyono," kata Syarief.

Ia mengatakan, Demokrat masih membuka peluang untuk berkoalisi dengan Partai Gerindra maupun PDI Perjuangan. Komunikasi Demokrat dengan Partai Gerindra bahkan kata Syarief, cukup efektif. Sementara dengan PDI Perjuangan, Demokrat juga punya catatan pernah berkoalisi.

"Kami tinggal menyatukan siapa yang kira-kira didukung Demokrat dan siapa yang didukung Gerindra. Tinggal kami cocokkan aja. Kalau namanya sama, bagus. Tapi tak tertutup kemungkinan nama yang berbeda. Tergantung hasil rapat Majelis Tinggi Demokrat," kata Syarief.

Ia memprediksi, bakal ada tiga kubu koalisi dalam pilkada DKI Jakarta nanti. Di antaranya koalisi pendukung petahana Basuki Tjahaja Purnama seperti Golkar, Hanura, dan Nasdem. Lalu koalisi PDIP yang bisa mengusung sendiri calonnya dan koalisi partai yang belum memutuskan bakal calon gubernur seperti Demokrat, PPP, PKS dan PAN.

"Ada beberapa alternatif untuk kami berkoalisi nanti. Kalau ada tiga calon misalnya akan semakin meningkatkan kualitas demokrasi pimilihan gubernur DKI Jakarta," katanya.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP