DPR Dukung Pembangunan Kawasan Perbatasan di Indonesia

Wakil Ketua Komisi V DPR Yudi Widiana
Sumber :

VIVA.co.id – Program pembangunan kawasan perbatasan pada beberapa wilayah di Indonesia, khususnya di Papua yang dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) didukung anggota DPR.

Sri Mulyani Ungkap 'Kontraksi Dalam' Belanja Modal Januari 2022

Wakil Ketua Komisi V DPR Yudi Widiana mengapresiasi program tersebut. Ia mengungkapkan, meski belum maksimal, program tersebut dinilai bisa mensukseskan pengentasan kemiskinan di daerah perbatasan.

"Komitmen DPR mendukung untuk hal itu, namun implementasinya yang kami kira belum maksimal," kata Yudi saat dihubungi, Jakarta, Jumat 29 Juli 2016.

Daftar 12 Ruas Jalan Tol Baru yang Diresmikan 2021

Politisi PKS ini mengaku, DPR telah membentuk Tim Pengawas Pembangunan Kawasan Perbatasan yang terdiri dari 25 anggota yang berasal dari lintas komisi. Dari sekian anggota tersebut, Fraksi PKS DPR mendelegasikan dua anggota, yaitu Anggota Komisi II Hadi Mulyadi dan Anggota Komisi I Sukamta.

Di sisi lain, data Kementerian PUPR, alokasi dana yang dianggarkan untuk melakukan berbagai kegiatan pembangunan di Papua sebesar Rp217,68 miliar. Dana tersebut dianggarkan selama kurun waktu 3 tahun dimulai dari 17 Desember 2015 hingga 6 September 2017. Hingga Mei 2016, tercatat perkembangan fisik baru mencapai 1 persen dengan serapan anggaran mencapai 10,5 persen.

Sambungkan Jabar dan Jateng, Tol Getaci Telan Dana Rp56 Triliun

"DPR akan mengawasi besarnya dana daerah perbatasan. Komisi V kebetulan bulan lalu telah mendorong Menteri PU untuk membangun rumah-rumah di perbatasan untuk membangun rumah khusus di Papua," ujarnya.

"Dan ternyata dengan membangun rumah khusus, itu menjadi magnet bagi masyarakat Papua, bahkan masyarakat Indonesia yang ada di negara Papua Nugini mau untuk kembali ke Papua," katanya.  (webtorial)

Pengguna jalan tol melintas di samping gardu tol yang melayani pengisian ulang e-Money Mandiri di Gerbang Tol Cililitan, Jakarta, Selasa, 10 Februari 2017.

Siap-siap Tarif Tol Dalam Kota Resmi Naik Besok, Ini Rinciannya

Tarif tol dalam kota akan naik sebesar Rp500 pada Sabtu 26 Februari 2022 pukul 00.00 WIB pada semua golongan kendaraan.

img_title
VIVA.co.id
25 Februari 2022