TUTUP
TUTUP
POLITIK

Tuduhan Langgar HAM, Wiranto Dibela Ruhut

Ruhut mengaku pernah menjadi pengacara Wiranto.
Tuduhan Langgar HAM, Wiranto Dibela Ruhut
Anggota DPR dari Partai Demokrat, Ruhut Sitompul. (Lilis Khalisotussurur)

VIVA.co.id - Koordinator Juru Bicara Partai Demokrat, Ruhut Sitompul, membela Ketua Umum Partai Hanura Wiranto yang menjabat sebagai Menko Polhukam terkait dengan sejumlah dugaan kasus pelanggaran HAM.

"Sebelum saya jadi anggota DPR, saya lawyer Wiranto. Saya ingat sekali sempat mendampingi beliau di Komnas HAM," kata Ruhut di Gedung DPR, Jakarta, Kamis, 28 Juli 2016.

Ia memastikan Wiranto tak pernah sampai pada proses di pengadilan. Lalu ia juga malah berterima kasih pada Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono yang telah menyampaikan pada dunia internasional soal adanya pengadilan HAM di Indonesia.

"Akhirnya yang diproses ada beberapa perwira TNI. Tapi saya tegaskan klien saya tak pernah. Klien saya yang lain, saya lawyer TNI Polri, faktanya juga semua bebas," kata Ruhut.

Ia justru mengkritik Komnas HAM yang mengomentari soal Wiranto sebagai Menko Polhukam. Komnas HAM diminta agar tak hanya mengomentari persoalan HAM yang ada kaitannya dengan politik.

"Apa tidak terjadi pelanggaran HAM pada keluarga TNI Polri di Poso, Timor Timor, Aceh dan sebagainya? Pernah nggak mereka ribut? Diam-diam saja. Apa TNI Polri tak punya keluarga? Semua juga punya keluarga," kata Ruhut.

Ia pun menceritakan soal tuduhan pelanggaran HAM tersebut sudah dijawab Wiranto saat serah terima jabatan. Wiranto merespons dengan mempertanyakan tempat ia pernah melanggar HAM dan diadili.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP