Pengumuman Reshuffle, 16 Kursi Disiapkan

Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • ANTARA/Widodo S. Jusuf

VIVA.co.id - Presiden Joko Widodo segera mengumumkan perombakan kabinet pada hari ini, Rabu 27 Juli 2016. Pengumuman dilakukan Jokowi di halaman Istana Merdeka.

Terlihat 16 kursi dengan 12 kursi berada di belakang serta 4 kursi di depan. Tepat di depan 4 kursi tersebut, podium pidato telah disiapkan. Pengumuman yang dijadwalkan pukul 11.00, molor sekitar 15 menit.

Sebelumnya, Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, membenarkan mengenai rencana pengumuman tersebut. Dia menyebut ada 12 posisi Menteri yang mengalami perubahan.

"Jadi hari ini Presiden dan Wakil Presiden secara resmi akan memanggil beberapa Menteri yang tepatnya nanti ada kurang lebih 12 jabatan yang mengalami perubahan. Ada yang baru, ada yang digeser. Nanti secara resmi akan diumumkan oleh Presiden," kata Pramono di Wisma Negara, Jakarta.

Pramono enggan mengungkapkan posisi-posisi yang akan mengalami perubahan itu, kendati dia mengaku mengetahuinya. Menurut Pramono, pengumuman tersebut merupakan kewenangan dari Presiden.

Politikus PDI-P itu menyebut pihaknya telah berkomunikasi dengan pihak-pihak yang nantinya akan menempati jabatan dalam kabinet.

"Proses itu sudah berjalan, Keppresnya juga sudah ada. Para Ketum Parpol juga sudah dihubungi, termasuk saya yang menghubungi," sebut Pram.

Reshuffle Tak Pengaruhi Aturan TKDN
Saleh Husin

Saleh Husin: Reshuffle Jadi Titik Balik Perbaikan Ekonomi

Tugas besar tim ekonomi baru adalah mengurangi impor untuk produksi.

img_title
VIVA.co.id
6 Agustus 2016