Hanura Minta Jokowi Beri Kejelasan Soal Reshuffle

Wakil Ketua MKD Sarifudin Suding.
Sumber :
  • Antara/ Reno Esnir

VIVA.co.id - Ketua DPP Partai Hanura, Sarifuddin Sudding, mengharapkan Presiden Jokowi memberikan kepastian soal pelaksanaan reshuffle kabinet.

Kata Istana soal Kabar Jokowi Bakal Anugerahkan Satyalencana ke Gibran dan Bobby

"Saya harap ini tidak jadi wacana terus dan tidak jadi kegaduhan. Jokowi harus memberikan kepastian. Kalau mau reshuffle ya reshuffle. Kalau tidak ya tidak," kata Sudding di Gedung DPR, Jakarta, Senin, 25 Juli 2016.

Menurutnya, perlu ada kepastian soal reshuffle kabinet agar para pembantu Jokowi tidak diliputi kegalauan dan kecemasan saat bekerja. Soal reshuffle ini juga dianggap sudah menjadi polemik di publik.

Budi Gunadi Klaim Berhasil Jadi Menkes Karena Jokowi Tidak Pernah Masuk Rumah Sakit

"Kalau tidak (reshuffle), disampaikan supaya tidak menimbulkan polemik. Supaya para menteri dapat bekerja dalam suasana yang baik," kata Sudding.

Meski begitu, ia menyadari persoalan reshuffle ini memang kewenangan penuh presiden untuk mengevaluasi kabinetnya. Kalau pun ada kader Hanura yang dievaluasi, maka ia menilai sah saja.

Jokowi Akui 90 Persen Bahan Produksi Farmasi Masih Impor

"Karena tujuan kita bagaimana agar para pembantu presiden betul-betul dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab dalam rangka menyejahterakan masyarakat. Dari evaluasi presiden tidak produktif lagi, tidak sesuai harapan itu kewenangan presiden. Bagi kami mau ditambah monggo, mau dihilangkan monggo," kata Sudding.

Ia menambahkan juga tak masalah akan ada orang baru masuk ke dalam kabinet selama yang mengisi bukan atas dasar bargaining politik atau ingin memperkuat posisi pemerintahan di parlemen.

Prabowo-Gibran di Penetapan Presiden-Wapres Terpilih di KPU

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Temui Presiden Jokowi di Istana

Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto, dan Gibran Rakabuming Raka, menemui Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta pada Rabu malam, 24 April.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024