TUTUP
TUTUP
POLITIK

IDI Tolak Eksekusi Kebiri, Kemenkes Diminta Cari Alternatif

Ketentuan tentang kebiri diatur dalam Perppu yang diterbitkan Jokowi.
IDI Tolak Eksekusi Kebiri, Kemenkes Diminta Cari Alternatif
Ketua DPR, Ade Komarudin, seusai salat Idulfitri di Masjid Istiqlal, Jakarta, pada Rabu, 6 Juli 2016. (VIVA.co.id/Rebecca Reifi Georgina)

VIVA.co.id – Ketua DPR Ade Komarudin memberikan komentar soal penolakan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) sebagai eksekutor dalam pelaksanaan Perppu kebiri.

"Ya seharusnya Kementerian Kesehatan mengambil jalan alternatif. Kalau pemerintah kan tentu bisa memberikan jalan untuk hal itu, kalau DPR posisinya tentu bagaimana masyarakat berikan masukan," kata Ade di Gedung DPR, Jakarta, Senin 25 Juli 2016.

Menurutnya, kebijakan jalan alternatif sudah menjadi hal yang biasa dalam pengambilan keputusan. Hal itu dinilai perlu dilakukan agar dapat mengakomodasi semua pemangku kepentingan.

Sebelumnya, Komisi VIII DPR mendapatkan tugas untuk membahas penerimaan maupun penolakan DPR terhadap penerbitan Perppu kebiri. Di tengah penerbitan Perppu ini, IDI menyatakan menolak menjadi eksekutor kebiri kimia.

Kementerian kesehatan pun belum mau menjawab siapa pihak yang berwenang menggantikan IDI sebagai eksekutor ketika Perppu ini disahkan. Alternatif yang berkembang, eksekutor berasal dari tenaga kesehatan atau pun dokter kepolisian. Tapi hal tersebut masih menjadi polemik

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP