TUTUP
TUTUP
POLITIK

Paling Strategis, Posisi Menteri Desa Bakal Jadi Rebutan

Setidaknya ada tiga partai yang bakal memperebutkannya.
Paling Strategis, Posisi Menteri Desa Bakal Jadi Rebutan
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Marwan Jafar. (Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.)

VIVA.co.id – Pengamat politik Ray Rangkuti menyebut jabatan Menteri Desa dan Transmigrasi merupakan posisi yang paling diperebutkan jika nantinya dilakukan perombakan kabinet oleh Presiden Joko Widodo.

Ray menyebut posisi menteri desa sangat krusial bagi partai politik. Mengingat terdapat dana yang cukup besar di bawah Kementerian tersebut, yakni dana desa sebesar Rp1 miliar per tahun. Hal tersebut menurut Ray dapat digunakan parpol untuk kepentingan pemilu yang akan datang.

"Saya pikir, siapapun yang menguasai Kementerian Desa, dugaan saya mereka akan dapat suara yang lebih signifikan. Menteri Desa posisi bukan hanya hubungan dengan wibawa tapi juga elektoral parpol," kata Ray dalam sebuah diskusi di kawasan Menteng, Jakarta, Sabtu 23 Juli 2016.

Ray lantas menyebut setidaknya ada tiga partai yang belomba dalam menguasai posisi menteri desa itu. Salah satunya adalah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang saat ini memang menempatkan kadernya di posisi Menteri Desa, yakni Marwan Jafar.

"Kalau kita dengar isu-isunya, PKB boleh hilang satu (posisi Menteri) tapi Kementerian Desa harus dipertahankan," kata dia.

Selain itu, Ray menyebut PDI-P juga turut menginginkan posisi tersebut. Menurut dia, PDI-P baru menyadari bahwa posisi Menteri Desa termasuk penting dan strategis. Sementara Partai terakhir yang menginginkan posisi itu, sebut Ray, adalah Partai Golkar.

"Menurut saya ini strategis bagus bagi Golkar. Golkar tidak butuh dua menteri kalau dapat Kementerian Desa. Apalagi kalau dihubungkan keinginan Partai Golkar saat ini adalah dalam rangka konsolidasi untuk menang Pemilu 2024, target mereka bukan Pemilu 2019," kata Ray.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP