Tips Agar Anak Bisa Sigap Hadapi Bullying

Ilustrasi remaja
Sumber :
  • Pixabay/ wokandapix

VIVA.co.id – Perundungan alias bullying masih menjadi kasus yang sering terjadi di sekolah-sekolah. Tentunya, ini menjadi kecemasan bagi banyak orangtua. Namun, ada hal yang bisa dilakukan orangtua untuk menyiapkan anak jika menghadapi kasus ini.

Potret-Potret Menggemaskan Buah Hati Pertama Pasangan Jessica Milla dan Yakup Hasibuan

Menurut Pakar Psikologi dan Perkembangan Manusia, Ihsan Gumilar, mengajarkan anak ketika mendapatkan perlakuan tidak baik dari teman di sekolah adalah dengan mengajarkan mereka bagaimana bersikap asertif.

Asertif ini berada di antara agresif dan permisif. Permisif adalah sikap di mana ketika kita diperlakukan seperti apa pun akan menerima saja. Sedangkan agresif kebalikannya, ada sedikit saja gangguan dia langsung merespon.

Anti Bullying! Barbie Kumalasari Usulkan Syarat Kelulusan Sekolah: Wajib Punya Surat Kelakuan Baik!

"Menurut saya, secara psikologis kita harus berada di sikap asertif. Tidak agresif dan tidak juga permisif. Ini yang perlu diajarkan dalam keluarga karena keluarga adalah sekolah pertama bagi anak," ujar Ihsan dalam acara Kopi Darat di Kemendikbud, Jakarta, Rabu 20 Juli.

Ihsan menambahkan, konsep asertif pada anak bisa diajarkan dengan pola role model karena anak belajar dengan mencontoh dari apa yang dia lihat. Karenanya, Ihsan mengimbau agar dalam berkomunikasi dengan anak kecil sebaiknya mengurangi bahasa verbal.

Kasus Bullying Siswa SMA, Kuasa Hukum Saksi Sebut Binus Serpong Harus Bertanggung Jawab

"Manusia pertama kali belajar itu metodologi yang diserap adalah observasi. Maka dengan anak kecil tidak perlu banyak bicara, dia hanya perlu melihat apa yang ada di sekitarnya," lanjut dia.

(ren)

Marcello Tahitoe

Ello Berbagi Kabar Gembira, Sang Istri Hamil Anak Kedua

Ello atau yang bernama asli Marcello Tahitoe baru-baru ini telah berbagi kabar gembira kepada publik. Sang istri, Cindy Maria Tahitoe, tengah mengandung anak kedua mereka

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024