Kontroversi Putusan MA

PKS: Kalau 90 Hari, DPR RI Juga Bisa Dilantik

VIVAnews - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menilai sikap Komisi Pemilihan Umum (KPU) atas putusan Mahkamah Agung (MA) telah memberikan kepastian. Keputusan MA tidak berlaku surut dan seluruh keputusan KPU yang telah diputuskan akan dilaksanakan.

"Ini memberikan kepastian. Setidaknya dalam tempo 90 hari. Dimana pelantikan-pelantikan DPRD Kabupaten/Kota akan dimulai," kata Presiden PKS, Tifatul Sembiring, usai peresmian kantor baru di Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Senin, 3 Agustus 2009.

Menurut Tifatul, kalau sampai 90 hari maka anggota DPR RI kemungkinan besar juga akan bisa dilantik. Tifatul melihat, ini sebagai satu bingkai besar dan tentu nantinya akan ada kompromi dari sisi keputusan KPU yang sudah dilaksanakan.

"Pada satu sisi, keputusan MA harus dihormati dan diperhatikan KPU. Jangan bikin geger, saya mengibaratkan ini seperti bermain sepak bola. Pertandingannya sudah selesai, skor sudah selesai, dan piala sudah dibagikan kepada si pemenang. Tiba-tiba ada yg menyemprit dari samping," ujar Tifatul.

'Peniup pluit' itu menurut Tifatul meminta peraturan itu minta diubah. Keputusan MA itu dinilai kontroversial dan potensi menimbulkan kekisruhan.

"Sebab, keputusan MA ditelan bulat-bulat. Ada 4.300 posisi anggota DPRD kabupaten/kota yang tergeser. Lalu ada 104 posisi DPR yang diubah. Menurut saya ini posisi yang menyenangkan semua pihak. Saya rasa putusan MA harus dihormati," ujar dia.

Sikap KPU terkait keputusan MA itu berimplikasi semua anggota DPRD tidak mengalami perubahan komposisi dan jumlah. Semuanya pun sudah mulai bisa dilantik. Sedangkan untuk komposisi DPR RI tergantung hasil judicial review di Mahkamah Konstitusi (MK).

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Bogor, Bandung Jumat 19 April 2024

ismoko.widjaya@vivanews.com

Duel Inter Milan vs Salzburg

Kuota Eropa Lengkap! Berikut 24 Tim yang Pastikan Tiket ke Piala Dunia Antarklub 2025

Klub Austria, RB Salzburg menjadi tim Eropa ke-12 dalam Piala Dunia Antarklub 2025 setelah Arsenal kalah dari Bayern Munich pada babak perempat final Liga Champions.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024