Juri Ardiantoro Terpilih Jadi Ketua KPU, DPR Beri Dukungan

Juri Ardiantoro
Sumber :
  • Antara/ Andika Wahyu

VIVA.co.id – Anggota Komisi II DPR RI, Hetifah Sjaifudian, mengatakan ia menghormati keputusan pleno KPU memutuskan untuk memilih Juri Ardiantoro sebagai Ketua KPU .

Hasto PDIP Sebut Prabowo Unggul Dalam Emosi, TKN: Barangkali Pihak Mereka yang Emosi

"Meski nama Juri Ardiantoro tidak terlalu menonjol dalam rapat-rapat antara Komisi II dengan KPU tetapi kapasitasnya tidak perlu diragukan," kata Hetifah dalam keterangan tertulisnya, Selasa 19 Juli 2016.

Ia berharap dengan adanya ketua KPU yang baru, kinerja komisi itu tidak terganggu. Apalagi sebentar lagi KPU akan menghadapi Pilkada serentak serta ikut dalam berbagai pembahasan RUU paket politik bersama DPR.

Puluhan Ribu Warga Terancam Tak Bisa Nyoblos di Pilkada 2017

"Juri Ardiantoro memang bukan figur yang paling menonjol dalam forum rapat-rapat di DPR maupun dalam mempengaruhi opini publik. Tapi saya tidak meragukan kompetensi dan integritasnya. Beliau pernah menjabat sebagai ketua KPU DKI Jakarta 2008-2013 dan berpengalaman dalam menyelenggarakan Pileg dan Pilpres 2009 serta Pilkada DKI tahun 2012 dengan aman dan tanpa konflik," kata Hetifah.

Menurut Hetifah, salah satu tantangan besar yang dihadapi KPU bersama DPR RI mencari solusi mengatasi masalah kekurangan anggaran di TA 2017. Dalam pagu indikatif RAPBN TA 2017 KPU memperoleh anggaran sebesar Rp1.931.150.758.000.

KPU Optimistis Pilkada Serentak 2017 Berjalan Sesuai Jadwal

"KPU mengusulkan anggaran tambahan sebesar Rp976.410.485.000 yang akan dipergunakan antara lain untuk supervisi anggaran hibah Pilkada, maupun persiapan pemilu seperti kegiatan verifikasi parpol dan perseorangan, serta penyusunan dapil dan alokasi kursi," kata Hetifah.

Hetifah berharap Ketua KPU baru dapat melaksanakan tugas dengan baik disisa waktu kepengurusan tujuh bulan ke depan. Ia ingin dalam waktu tujuh bulan yang tersisa bagi KPU periode ini agenda-agenda yang disepakati bisa dituntaskan, sehingga tidak menjadi bom waktu bagi KPU periode berikutnya.

"Ketua baru diharapkan bisa menjadi faktor pemersatu di internal dan jembatan dengan stakeholder baik termasuk dengan DPR dan media", kata Hetifah.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar rapat pleno di Kantor KPU dengan agenda memilih ketua definitif KPU pengganti Husni Kamil Manik (Alm) yang tutup usia. Rapat pleno KPU yang dihadiri enam Komisioner KPU memutuskan memilih Juri Ardiantoro sebagai Ketua KPU.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya