DPR Ingin Pengurus Baru KPI Tidak 'Gaptek' Era Digitalisasi

Tantowi Yahya
Sumber :
  • Tantowi Yahya

VIVA.co.id – Anggota Komisi I DPR, Tantowi Yahya, mendesak para calon anggota Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) harus siap menghadapi era digitalisasi. Bila tidak siap, maka mereka akan sulit mengatur derasnya arus penyiaran di Tanah Air.

Siaran Analog 4 Daerah di Sumsel Disetop Mulai Hari Ini, Beralih ke TV Digital

"Kita akan menuju era digitalisasi, ditandai analog switch off. Kita akan meninggalkan sistem analog ke sistem digital," kata Tantowi di Gedung DPR, Jakarta, Senin 18 Juli 2016.

Ia menjelaskan ketika televisi berubah ke dunia digital maka tantangan ke depannya akan menjadi kompleks. Persaingan akan semakin terbuka di dunia penyiaran, sehingga akan semakin sulit juga untuk melakukan proteksi.

Penjualan TV Digital Xiaomi di Indonesia Mengesankan

"Kalau dibiarkan bebas seperti itu tanpa regulasi yang tepat dan benar, maka itu akan kontra produktif," kata Tantowi.

Ia pun berharap agar para calon komisioner yang terpilih nantinya bisa menjadi gawang yang efektif dalam masalah kualitas isi penyiaran.

Warga Sidoarjo Terima Bonus dari ANTV

"Kita berharap 9 komisoner ini bekerja dengan integritas tinggi, dan mengacu sepenuhnya kepada UU penyiaran dan juga aspirasi yang berkembang di masyarakat," kata Tantowi.

(ren)

Dirjen SDPPI Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ismail.

Kemkominfo Yakin Seluruh TV Analog Mati Tahun Ini

Dirjen SDPPI Kemkominfo, Ismail, yakin jika tahun ini TV analog akan mati. Agenda selanjutnya adalah lelang frekuensi 700 MHz yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan 5G.

img_title
VIVA.co.id
24 Agustus 2023