Hari Ini DPR Uji Kelayakan Calon Komisioner KPI

Komisi I DPR RI menggelar Rapat Dengar Pendapat
Sumber :

VIVA.co.id – Komisi I DPR RI hari ini, Senin, 18 Juli 2016, akan menggelar uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon komisioner Komisi Penyiaran Publik (KPI). Uji kelayakan calon komisioner KPI akan dibagi dalam lima gelombang.

DPR Bakal Gelar Fit and Proper Test Calon Panglima TNI Pekan Depan

"Tiga kelompok di hari pertama, dua kelompok di hari kedua. Nanti di hari kedua setelah tes lanjut rapat internal ambil keputusan," kata Ketua Komisi I DPR RI, Abdul Kharis Almasyhari saat dihubungi.

Politikus Partai Keadilan Sejahtera ini mengatakan pembagian dalam lima gelombang ini bertujuan agar tiap-tiap anggota dewan bebas mengkritisi dan memperdalam semua hal yang menjadi visi dan misi para calon anggota KPI. "Kami berikan kewenangan anggota seluasnya untuk bertanya ke calon," kata Abdul.

Seleksi Bakal Caleg PKB melalui 'Fit and Proper Test' Dipuji

Menurutnya, penilaian para calon dari panitia seleksi bisa menjadi salah satu pertimbangan untuk mengambil keputusan dalam menentukan calon terpilih. Tapi yang akan mendominasi penilaian tentunya kemampuan saat uji kelayakan.

"Yang jelas penilaian dari pansel sudah disampaikan, visi misi sudah disampaikan juga. Mereka akan presentasi visi misi dan apa yang akan dilakukan. Bahan sudah ada, di anggota tinggal pendalaman" terang Abdul.

DPR Setujui Pagu Indikatif Kemensos 2021 Sebesar Rp62,024 Triliun

Ia menambahkan, nilai bagus yang diterima calon selama mengikuti seleksi di pansel belum tentu dapat meyakinkan anggota Komisi I DPR. Sehingga keputusan akan bergantung pada seberapa besar para calon bisa meyakinkan anggota Komisi I saat uji kelayakan.

Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid

Meutya Hafid: Persyaratan Administrasi Calon Panglima TNI Sudah Lengkap

Verifikasi fisik berkas administrasi calon Panglima TNI sedang diperiksa pimpinan Komisi I DPR.

img_title
VIVA.co.id
10 November 2023