Lebih Dari 160 Orang Tewas Dalam Upaya Kudeta Turki

Massa pendukung Erdogan berkumpul saat kudeta militer Turki.
Sumber :
  • REUTERS / Huseyin Aldemir

VIVA.co.id – Upaya kudeta militer Turki yang berhasil digagalkan oleh pro pemerintah telah menyebabkan lebih dari 160 orang tewas dan 1.440 terluka. Sebanyak 20 tentara pendukung kudeta telah terbunuh dalam upaya tersebut Jumat malam.  

Lebih dari 100 Orang Ditangkap di Turki

Dilansir Anadolu Agency, Sabtu 16 Juli 2016, Perdana Menteri Turki, Binali Yildrim, mengatakan sebanyak 2.839 personel militer, yang terlibat dalam upaya kudeta, sudah ditangkap. Beberapa di antaranya adalah pejabat senior militer. 

Ia menyebut kekalahan kudeta sebagai "pesta demokrasi". Dia juga memberikan pernyataan duka cita kepada pada keluarga korban meninggal saat upaya kudeta terjadi. 

Turki Kembali Pecat Ribuan Tentara dan Polisi

Dalam peristiwa ini, tentara pro pemerintah telah berhasil menggagalkan upaya kudeta, dan menahan tentara yang terlibat di dalamnya. Otoritas juga menyebut situasi keamanan di Turki sudah kondusif. 

Dalam upaya mengkudeta pemerintahan Presiden Recep Tayyip Erdogan, kota Ankara dan Istanbul jadi mencekam sejak Jumat malam waktu setempat sampai Sabtu pagi tadi. Tentara berusaha menguasai jembatan dan beberapa titik strategis di kota-kota besar. Suasana bertambah mencekam ketika helikopter melancarkan serangan udara dan menyerang lokasi penting di ibu kota Turki, Ankara.

Terlibat Kudeta, 104 Prajurit Turki Dipenjara seumur hidup
Presiden Turki Tayyip Erdogan

Eks Pejabat AS Terancam Hukuman Seumur Hidup Atas Upaya Kudeta Turki

Termasuk seorang filantropis Osman Kavala

img_title
VIVA.co.id
13 Oktober 2020