'Putusan Arbitrase Laut China Selatan Untungkan Indonesia'

Tantowi Yahya
Sumber :
  • Tantowi Yahya

VIVA.co.id – Pengadilan internasional telah memenangkan Filipina terkait Laut China Selatan. Berbagai pihak meminta China menghormati putusan tersebut. Putusan mahkamah arbitrase internasional itu juga disambut baik oleh Komisi I DPR RI. Putusan itu disebut punya dampak positif kepada Indonesia.

Patroli Laut China Selatan, Australia Bangun Armada Drone

"Meskipun kita bukan bagian dari (perkara) itu, tapi putusan ini berdampak positif juga pada kita, sehingga walau kita tidak ikut menggugat, putusan ini sudah mewakili kita," kata anggota Komisi I Tantowi Yahya di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis 14 Juli 2016.

Menurut politikus Partai Golkar ini, dengan keluarnya putusan itu, maka bisa membawa ketenangan di perairan Laut China Selatan dan juga sekitarnya.

AS Siap Imbangi Dominasi Tiongkok di Laut China Selatan

"Menciptakan kondusivitas di ASEAN terhadap China atau Tiongkok," ujar Tantowi.

Posisi Indonesia juga disebut semakin solid. Indonesia dikatakan punya payung untuk menghadapi klaim wilayah yuridiksi dari negara lain, termasuk Tiongkok.

Kapal Perang AS Berlabuh di Laut China Selatan, Bikin Gentar

"Di sisi lain sikap China yang secara brutal menolak putusan, ini harus kita jadikan secara alarming," kata Tantowi Yahya.

Pemerhati politik Rocky Gerung dalam forum diskusi bertajuk Gerakan Rasional Indonesia di kota Padang, Sumatra Barat, pada Senin, 9 Juli 2018.

Rocky Gerung: Konflik Laut China Selatan, RI Hanya Tahan 14 Jam

Dalam hitungan jam NKRI akan lumpuh, apa analisisnya.

img_title
VIVA.co.id
10 Juli 2018