Kontroversi Putusan MA

PKS: 'Flu Politik' Sudah Ditanggulangi

VIVAnews - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyambut keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) atas putusan Mahkamah Agung (MA). Untuk kursi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dipastikan aman.

Untuk DPR RI, PKS yakin pada Senin, 3 Agustus mendatang akan ada hasil yang memuaskan dari Mahkamah Konstitusi (MK). Wabah flu babi pun menginspirasi PKS menganalogikan gonjang-ganjing kursi calon legislatif di pusat dan daerah.

"Keputusan KPU itu bisa menanggulangi 'flu politik'. Artinya, tanda-tanda selamat akan lebih banyak," kata juru bicara Partai Keadilan Sejahtera, Ahmad Mabruri, dalam perbincangan dengan VIVAnews, Sabtu, 1 Agustus 2009 malam.

Menurut Mabruri, meski kursi DPR RI belum bisa dipastikan, minimal kondisi caleg-caleg di semua daerah sudah aman. Karena, komposisi dan pelantikan DPRD tidak akan berubah.

Tetapi untuk kursi DPR RI, PKS pun menyerahkan sepenuhnya kepada hasil keputusan MK, Senin mendatang. "Kita lihat nanti, apakah MK menerima atau menolak judicial review," ujar dia.

Putusan MA nomor 15/2009 soal penghitungan perolehan kursi dan calon terpilih DPR RI memerintahkan penundaan pemberlakuan Keputusan soal penetapan perolehan kursi dan calon terpilih.

Putusan MA nomor 13/2009 dan nomor 16/2009 soal yang sama di tingkat DPRD tidak ada perintah merevisi keputusan penetapan kursi dan calon terpilih. Dua putusan itu hanya memerintahkan membatalkan dan mencabut pasal yang digugat dalam peraturan.

Termasuk Zinedine Zidane, Ini 5 Pelatih Pengganti Erik Ten Hag di Manchester United

ismoko.widjaya@vivanews.com

Ilustrasi kanker serviks.

Terpopuler: Bagian Tubuh Ini Bisa Prediksi Ukuran Penis, hingga Faktor Risiko Kanker Serviks

Berikut deretan 4 rangkuman artikel terpopuler kanal Lifestyle VIVA.co.id dalam Round Up sepanjang edisi Selasa 23 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024