Ketua DPR: Hasil Tes Tito untuk Jadi Kapolri Nyaris Sempurna

Komisi III DPR saat mengunjungi rumah calon Kapolri, Komjen Tito Karnavian (kanan).
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Komisaris Jenderal Tito Karnavian telah mendapat restu dari Komisi III DPR untuk menjadi Kepala Kepolisian RI, menggantikan Jenderal Badrodin Haiti yang segera pensiun. Pada Senin, 27 Juni 2016 ini, hasil uji kepatutan dan kelayakan atas Tito tersebut dibawa Komisi III ke rapat paripurna untuk mendapat persetujuan resmi dari parlemen.

Jenderal Tito: Kelompok Santoso Semakin Melemah

"Karena sudah diputuskan di Komisi III, tidak ada masalah apa pun. Nyaris sempurna," kata Ketua DPR Ade Komarudin saat ditemui sebelum masuk ruang paripurna di Gedung DPR, Senayan, Jakarta.

Politikus Partai Golkar ini menyatakan bahwa semua fraksi menilai bahwa Tito sangat berkompeten untuk memimpin Korps Bhayangkara ini ke depan.

Alasan Tito Karnavian Pilih Suhardi Jadi Bos Pembasmi Teror

"Track record hampir semua kita tahu beliau polisi yang handal, integritas sudah teruji. Untuk itu, Komisi III memutuskan persetujuan, dan dari gambaran fraksi-fraksi tidak ada masalah," ujar politisi yang akrab disapa Akom itu.

Setelah disetujui DPR, langkah Tito menjadi Kapolri hanya tinggal menunggu dilantik oleh Presiden Joko Widodo. Setelah paripurna hari ini, Akom langsung menekan surat persetujuan itu.

Ketua KPK Yakin Jenderal Tito Bisa Sinergi Berantas Korupsi

"Hari ini juga surat pemberhentian Pak Badrodin dan persetujuan DPR atas Pak Tito saya teken dan saya langsung kirim ke Presiden, hari ini juga, setelah paripurna," kata Akom.

(ren)

Kapolri Jenderal Tito Karnavian bersama Panglima TNI.

Tito Karnavian: Istri Kedua Santoso Ditangkap di Pegunungan

Saat ini Delima masih diperiksa tim gabungan.

img_title
VIVA.co.id
23 Juli 2016