Anggota Legislator Terpilih Partai Gerindra

Tessa Mariska: Putusan MA Merusak Jiwa

VIVAnews – Tessa Mariska, penyanyi dangdut yang terpilih menjadi anggota legislator dari Partai Gerindra, menganggap putusan MA tentang peraturan KPU mengenai tata cara pembagian kursi DPR hasil Pemilu Legislatif 2009, mengada-ada.

“Aku saja yang enggak ngerti politik pusing. Gimana yang tahu ya. Ada apa dibalik itu,” kata Tessa lewat telepon, Rabu 29 Juli 2009.

Yang dipusingkannya ialah jika KPU sampai ikut-ikutan menjalankan putusan MA, maka akan banyak suara pemilih yang telah diberikan kepada Partai Gerindra hangus. Dari 31 kursi di Parlemen, nanti tinggal 26 kursi saja.

“Okelah kita hitung rata-rata satu kursi pemilihnya 100 ribu. Berarti 26 kali 100 ribu. Coba berapa itu. Itu yang akan hilang,” katanya. “Belum lagi anggota legislatornya.”

Tessa mengatakan putusan MA itu tidak adil dan justru merumitkan permasalahan politik. Tidak adil karena hak politik pemilih akan hilang.

“Bagaimana tidak, kami sudah siap mau dilantik seperti ini, eh tiba-tiba ada putusan itu,” katanya.

Tessa mengatakan mestinya KPU tetap menggunakan aturan main pembagian kursi yang selama ini dijalankan. Kalau itu KPU tetap konsisten dengan aturan yang sekarang dipakai, maka tidak akan ada permasalahan.

Tessa membayangkan kalau sampai putusan MA itu dijalankan dan banyak anggota legislator hasil Pemilihan Legislatif 2009 gagal. Pastilah akan banyak yang sedih.

Mereka sudah merayakan pesta syukuran karena terpilih, mereka sudah mendapat ucapan selamat dari konstituen. Tiba-tiba batal. “Pusing saya,” katanya.

Tessa mengatakan pusing karena posisinya termasuk yang akan ikut terancam. Sebab, katanya, anggota legislator terpilih lainnya di daerah pemilihan yang sama, pelawak Eko Patrio (PAN) juga terancam. “Saya kan di bawah Eko (perolehan suara),” kata dia.

Sekarang ini, Tessa bertumpu pada KPU. Dia berharap komisi itu tidak terpengaruh putusan MA.  Tessa juga menyerahkan pada  tim advokasi DPP Partai Gerindra untuk melawan putusan MA itu.

“Aku terserah partai. Manut partai saja. Partai lebih tahu,” katanya. “Karena kupikir ini sudah merusak jiwa.”

Kembali Beroperasi, Pabrik Roti di Gaza Diserbu Ratusan Warga Palestina hingga Antre Berjam-jam
Timnas Indonesia vs Australia di Piala Asia U-23

5 Fakta Menarik Timnas Indonesia Usai Hancurkan Australia di Piala Asia U-23

Timnas Indonesia meraih kemenangan atas Australia dengan skor 1-0 dalam Piala Asia U-23 Grup A di Stadion Abdullah Bin Nasser pada Kamis malam kemarin, 18 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024