Fayakhun Andriadi Jadi Ketua DPD Partai Golkar DKI Jakarta

Legislator Partai Golkar, Fayakhun Andriadi.
Sumber :
  • Antara/ Ismar Patrizki

VIVA.co.id – Fayakhun Andriadi secara resmi terpilih sebagai Ketua DPD Partai Golkar Provinsi DKI Jakarta periode 2016-2021. Hal ini berdasarkan mayoritas suara yang diperolah Fayakhun dari keseluruhan jumlah suara dalam Musyawarah Daerah (Musda) IX DPD Partai Golkar Provinsi DKI Jakarta sebanyak 11 suara.

Pilkada 2020, Demokrat dan Golkar Sepakat Usung 33 Paslon

Pimpinan sidang, Freddy Latumahina mengetok palu tanda sahnya Fayakhun menjabat sebagai Ketua DPD Partai Golkar Provinsi DKI Jakarta. Bakal calon ketua pesaing Fayakhun, Taufan Eko Nugroho Rotorasiko mengalah secara sportif untuk tidak mengikuti babak selanjutnya dalam pemilihan.

Fayakhun yang memperoleh sebanyak tujuh suara dan Taufan memperoleh sebanyak empat suara pada tahap klarifikasi bakal calon Ketua DPD.

Ketua Jokowi Mania Masuk Partai Golkar?

"Pak Taufan secara sportif tidak masuk ke babak selanjutnya, dan memberikan kepada Pak Fayakhun amanat untuk menjadi Ketua DPD DKI tahun 2016-2021," kata Freddy dalam Musda IX DPD Partai Golkar Provinsi DKI Jakarta yang digelar di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Minggu malam, 19 Juni 2016.

Untuk diketahui, ada 11 suara sah yang menentukan dua bakal calon Ketua DPD DKI Jakarta, yakni Fayakhun dan Taufan untuk maju menjadi orang nomor satu partai beringin di DKI itu.

Aburizal Bakrie Dukung Semangat Anak Muda Lalui Pandemi COVID-19

Jika dirincikan, suara yang berhak, yakni satu suara DPP, satu suara DPD provinsi/demisioner, satu suara Dewan Pertimbangan, lima suara DPD tingkat II kota/kabupaten, satu suara ormas pendiri, yaitu Soksi, Kosgoro 1957 dan MKGR.

Selain itu, ada satu suara ormas yang didirikan Partai Golkar, yaitu Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI), Majelis Dakhwah Islamiyah (MDI), Satgar Ulama, Al Hidayah dan Himpunan Wanita karya (HWK). Selanjutnya, suara yang berhak adalah sayap partai, yakni Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) dan Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG).

Sebelum itu, pimpinan sidang telah meresmikan (Plt) Ketua DPD Partai Golkar DKI Jakarta, Yorrys Raweyai untuk demisioner atau turun dari jabatannya. "Dengan ini diputuskan, Pak Yorrys demisioner dari jabatannya sebagai Plt Ketua DPD DKI Jakarta," ujar Freddy.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya