Pemberian THR Lebih Awal Efektif Antisipasi Lonjakan Pemudik

Anggota Komisi V DPR RI Sadarestuwati
Sumber :

VIVA.co.id – Pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) lebih awal kepada masyarakat pekerja dinilai lebih efektif untuk menekan lonjakan arus mudik. Pekerja yang sudah mendapatkan THR, akan merencanakan mudik lebih awal jauh sebelum lebaran. Ini efektif untuk mengantisipasi arus mudik massal di waktu yang bersamaan.

Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024, Konsumsi Pertamax Series Naik 9 Persen

Demikian dikemukakan Anggota Komisi V DPR RI Sadarestuwati di Balikpapan, Kalimantan Timur saat mengikuti kunjungan kerja spesifik untuk meninjau kesiapan angkutan mudik lewat transportasi laut, Jumat 10 Juni 2016. Ia mengimbau agar perusahaan-perusahaan di Kaltim segera memberikan THR kepada para pekerjanya untuk kebutuhan mudik lebaran.

“Untuk antisipasi lonjakan, perusahaan-perusahaan di Kaltim bisa memberikan THR lebih awal, sehingga tidak terjadi lonjakan di H-2 atau H-3. Mereka bisa secara bertahap mendatangi pelabuhan untuk mudik lebaran. Cara ini jauh lebih baik dan efektif. Kenyamanan dan keamanan penumpang pun akan lebih terjamin,” ujar Anggota F-PDI Perjuangan itu.   

Bus dan Truk Padati Pelabuhan Bakauheni, Melonjak dibandingkan Sehari Sebelumnya

Otoritas Pelabuhan Semayang di Balikpapan sendiri sudah mempredikasi tahun 2016 ini akan terjadi kenaikan angka pemudik lewat transportasi laut dibanding tahun lalu. Kenaikannya mencapai 3 persen atau sekitar 75.485 penumpang. Tahun 2015 angka pemudik mencapai 73.287. Dan kini, Pelabuhan Semayan sedang berbenah diri menyambut arus mudik. Terminal penumpang lebih rapi dan bersih, areal parkir lebih tertib dan antisipasi kecelakaan laut pun sudah disimulasikan.

“Saya melihat Pelabuhan Semayang, Balikpapan lebih siap dariapada tahun sebelumnya. Ada cek fisik dan cek penumpang. Saya berharap, bukan hari ini saja dilakukan pembenahan saat kami melakukan kunjungan, tetapi ini bisa dilakukan seterusnya,” ujarnya lebih lanjut. (www.dpr.go.id)

Menhub Siapkan Opsi Lima Kapal TBB Hadapi Lonjakan Arus Balik di Bakauheni
Masyarakat gunakan kereta api saat mudik Lebaran 2024 (dok: KAI)

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Masyarakat baru saja merayakan Puasa Ramadan dan Lebaran Hari Raya Idul Fitri 2024, pada momen itu mayoritas masyarakat menjalankan tradisi mudik ke kampung halaman. Dari

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024