Sekjen PKB Sebut Komjen BG Masih Ada Peluang Jadi Kapolri

Kapolri Jenderal Badrodin Haiti dan Wakapolri Komjen Budi Gunawan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

VIVA.co.id - Anggota Komisi III DPR Abdul Kadir Karding turut bersuara terkait isu pergantian Kapolri. Menurut politikus yang juga Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa itu, semua tergantung kepada Presiden Joko Widodo.

Sosok Budi Gunawan, Kepala BIN yang Disentil Jenderal Dudung saat Tanggapi Ucapan Megawati

"Sulit berandai-andai karena politik itu dinamis. Tapi, siapapun yang diajukan Presiden kami di DPR akan melakukan fit and proper test," kata Karding dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, 28 Mei 2016.

Salah satu perwira tinggi (pati) yang mengemuka untuk menggantikan Jenderal Badrodin Haiti adalah Komjen Budi Gunawan. Karding pun tak membantah BG yang sempat menjadi calon Kapolri beberapa waktu lalu itu masih memiliki peluang.

Diisukan Jadi Kepala BIN, Ini Kata Wakapolri Komjen Agus

"Budi Gunawan punya kualitas kepemimpinan yang baik," ujar Karding.

Komjen BG, lanjut dia, juga memiliki kemampuan kerja sama tim yang baik. Hanya saja, dia mengaku tidak tahu siapa yang akan didorong oleh Jokowi.

Kepala BIN Budi Gunawan Respons Isu Mau Diganti Jokowi: Wah, Nggak Tahu

Ia pun tak bisa menjagokan satu nama tertentu untuk menjadi Kapolri. Sebab, banyak jenderal yang berpotensi memimpin Korps Bhayangkara.

"Kita lihat saja. Kita tidak bisa menjudge karena memang riskan. Tapi semua bintang tiga relatif memiliki kapasitas yang memadai untuk memimpin Polri." 

Masa bakti Kapolri Jenderal Badrodin Haiti akan segera berakhir. Tak lama lagi, Badrodin memasuki masa pensiun. Namun siapa penggantinya, masih menjadi pertanyaan.

Sejumlah nama perwira tinggi dari bintang dua (inspektur jenderal) maupun tiga (komisaris jenderal) bermunculan.

Pati bintang tiga yang santer beredar ialah Wakapolri Komjen Budi Gunawan, Kepala BNN Komjen Budi Waseso, Irwasum Polri Komjen Dwi Priyatno, Kepala Lemdikpol Komjen Syafruddin. Sedangkan di level bintang dua ada nama Kepala BNPT Irjen Tito Karnavian, serta Kapolda Metro Jaya Irjen Moechgiyarto.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya