Kapolri Diminta Kawal Pilkada Aceh

Penyelenggaraan pilkada serentak di Indonesia.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ANTARA FOTO

VIVA.co.id – Dua anggota DPR RI asal Aceh, Muslim Ayub dan M Nasir Djamil meminta Kapolri, Jenderal Pol Badrodin Haiti mengawal keamanan Aceh jelang pelaksanaan pilkada serentak tahun 2017. Polisi juga diminta agar melakukan deteksi dini potensi konflik di Aceh yang biasanya selalu muncul setiap jelang pilkada.

Cak Imin Dikabarkan Maju Pilgub Jatim, PKB Ingin Fokus di MK Dulu: Tidak Lama Hanya 14 Hari

Hal itu disampaikan saat keduanya melakukan pertemuan di Mabes Polri, Senin 23 Mei 2016. Dalam pertemuan itu turut dihadiri Irwasum Polri, Kadiv Propam Polri, dan Ass SDM Polri.

“Kita tidak ingin pilkada Aceh selalu diwarnai dengan aksi kekerasan, apakah intimidasi, terror, dan pembunuhan,” kata Muslim Ayub.

Pilkada Bupati Halmahera Selatan, Eka Dahliani Siap Lanjutkan Program Mendiang Usman Sidik

Sementara itu, Nasir Djamil mengingatkan agar seluruh jajaran Kepolisian di Aceh tidak kecolongan dengan adanya berbagai aksi kekerasan di Aceh. “Rasa aman masyarakat perlu dipastikan, sehingga mereka bisa menjalankan hak politik dengan aman dan nyaman,” ujar politisi PKS ini.

Kapolri Badrodin Haiti mengatakan setuju dan menyambut baik usulan tersebut. Bahkan dia akan meminta jajaran Kepolisian di Aceh untuk secara sungguh-sunggu bekerja memastikan keamanan Aceh jelang pilkada.

Panglima TNI Siapkan 133.416 Personel Amankan Pilkada Serentak 2024

“Kita akan maksimalkan seluruh potensi yang ada untuk menjaga suasana tetap kondusif agar masyarakat tetap bisa beraktivitas dengan tenang, tanpa merasa terganggu dengan aksi kekerasan yang ada,” katanya.

Menurutnya, pengamanan tidak hanya dilakukan di kota atau pusat keramaian, tetapi juga sampai ke desa-desa dan lokasi pemungutan suara. Kepolisian akan memastikan semua tahapan pelaksanaan pilkada berjalan tanpa ada gangguan keamanan. Ia juga meminta masyarakat agar melaporkan segera kepada Kepolisian setempat jika ditemui adanya peristiwa kekerasan yang terjadi.  (Webtorial)

Koordinator Nasional Relawan Indonesia Bersatu Lisman Hasibuan

Pilkada Serentak 2024 Diusulkan Ditunda, Ini Sejumlah Pertimbangannya

Pilkada serentak 2024 yakni pemilihan gubernur, bupati dan wali kota sesuai jadwal akan digelar November 2024.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024