Megawati Terima Gelar Doktor Honoris Causa dari Unpad

Presiden kelima Republik Indonesia, Megawati Soekarnoputri.
Sumber :
  • ANTARA/Yudhi Mahatma

VIVA.co.id –  Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri akan menerima gelar doktor kehormatan di bidang politik dan pemerintahan dari Universitas Padjajaran (Unpad), Rabu, 25 Mei 2016.

Penganugerahan dijadwalkan pukul 09.30, di Grha Sanusi Hardjadinata, Kompleks Kampus Unpad, Bandung. Wakil Presiden Jusuf Kalla beserta sejumlah menteri kabinet Presiden Jokowi dijadwalkan hadir dalam acara tersebut.

Tamu undangan terlihat sudah berdatangan memasuki ruang utama tempat upacara penganugerahan berlangsung.

Berdasarkan jadwal acara yang tertera di undangan, Megawati akan menyampaikan orasi ilmiah berkenaan dengan penganugerahan gelar Doktor Honoris Causa (Dr.H.C.). Ketua umum PDIP itu mendapatkan gelar Dr.H.C. di bidang politik dan pemerintahan.

Sebelumnya, Rektor Unpad, Prof Dr Tri Hanggono Ahmad, mengatakan pemberian gelar kehormatan ini sebagai pengakuan bagaimana dalam masa transisi demokrasi yang penuh tantangan. Megawati mampu membawa stabilitas politik, dan mengatasi tantangan perekonomian nasional akibat krisis ekonomi yang berkepanjangan.

Tim promotor penganugerahan gelar itu adalah Prof Obsatar Sinaga sebagai ketua tim, Prof Oekan S Abdoellah, dan Dr Arry Bainus.

Menurut Obsatar, ada dasar akademik yang kuat bagi Unpad untuk menganugerahkan gelar kehormatan bidang politik dan pemerintahan kepada Megawati. Di antaranya, kebijakan-kebijakan selama menjabat presiden yang masuk dalam beberapa konsep akademik ilmu politik.

"Dalam ilmu politik ada beberapa banyak konsep, yang konsep tersebut terverifikasi pada saat zaman Megawati," kata Obsatar.

Analisis Komunikasi Politik dalam Rencana Pertemuan Prabowo dengan Megawati
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri

Kekuasaan adalah Perimbangan Kekuatan yang Stabil

Presiden RI ke-5 itu berharap kepada para pihak tersebut untuk berhenti melakukannya.

img_title
VIVA.co.id
30 November 2023