Cut Nyak Dien Sosok Inspiratif Pemberdayaan Perempuan Aceh

Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi VIII DPR RI
Sumber :

VIVA.co.id – Sosok pahlawan perempuan Aceh Cut Nyak Dien bisa menjadi inspirasi dalam membangkitkan berbagai program pemberdayaan perempuan di Aceh. Demikian diungkapkan Wakil Ketua Komisi VIII DPR Sodik Mudjahid saat meninjau Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Desa Prima Madani Gampong Nusa Kec. Lhoknga Aceh Besar, Selasa 3 Mei 2016.

Yandri Susanto dari Fraksi PAN Jadi Ketua Komisi VIII

Sodik menambahkan bahwa kehadiran Tim Kunker Komisi VIII DPR tersebut salah satunya dalam rangka melakukan pengawasan atas kinerja Kemen PP dan PA di wilayah Aceh terkait berbagai program pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

"Kami datang untuk memastikan bahwa berbagai program pemberdayaan perempuan yang didukung alokasi APBN pusat di Aceh berjalan sesuai yang diharapkan, antara lain membangkitkan perekonomian keluarga melalui pemberdayaan perempuan," ujar politisi Gerindra ini.

Sepakat Revisi UU MD3, Dua Fraksi Ini Beri Catatan

Basis dari semua kegiatan baik menyangkut moral, kesehatan, pendidikan anak hingga penguatan ekonomi adalah dimulai dari keluarga. Keluarga yang baik tentu ditopang oleh perempuan (ibu-red) yang tangguh. Bahkan Islam mengajarkan bahwasanya perempuan itu adalah tiang negara. Jika tiang itu rapuh maka negara juga rapuh, sambung politisi Dapil Jabar I ini.

Perempuan Aceh sejak dahulu kala sudah dikenal ketangguhannya karena banyak yang terlibat langsung dalam perjuangan merebut kemerdekaan, papar Sodik. Ini terjadi karena pemahaman perempuan Aceh terhadap agama Islam sangat baik. "Mereka terinspirasi sosok Siti Aisyah yang juga pernah berperang membantu Rasulullah," katanya.

Mungkinkah RUU Perlindungan Data Pribadi Selesai dalam 4 Bulan?

Sementara itu, Nurhayati selaku Ketua KUBE Desa Prima Madani menjelaskan ada 3 (tiga) Kelompok Usaha di Gampong Nusa yaitu Kelompok Daur Ulang Sampah, Menjahit dan Kerupuk Tempe. Dan saat ini juga tengah dikembangkan ekowisata dengan konsep homestay (menginap di rumah penduduk-red).

"Kebanyakan wisatawan berasal dari negara Malaysia, dan kami akan terus promosikan ekowisata ini ke negara lainnya. Karenanya kami berharap mendapat perhatian khusus agar bisa menjadi Gampong (Kampung) Model di Aceh," kata Nurhayati.

Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Aceh, Dahlia menjelaskan bahwa Program Desa Prima Madani bertujuan agar perempuan memiliki skill sehingga ada penguatan ekonomi keluarga. Sejak tahun 2013 sudah terbentuk 297 kelompok sesuai kebutuhan dan potensi yang ada di desa masing-masing.

"Kemajuan di sebuah desa diharapkan menjadi bagian dari upaya pengentasan kemiskinan dan berkontribusi menjaga perdamaian di Aceh, sehingga dukungan APBN Pusat sangat kami butuhkan agar perempuan berdaya dan membantu ekonomi keluarga," kata Dahlia. (www.dpr.go.id)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya