Komisi X Aspresiasi Fasilitas Perpustakaan Kalimantan Tengah

Tim kunjungan kerja (kunker) Komisi X ke Sumut
Sumber :

VIVA.co.id – Anggota Komisi X DPR RI Lathifah Shohib, menilai fasilitas dan jumlah buku yang tersedia di Perpustakaan Provinsi Kalimantan Tengah (Kaltim) sudah cukup baik. Hal ini menunjukan pemerintah Provinsi Kaltim perhatian terhadap peningkatan minat baca masyarakat.

Sepakat Revisi UU MD3, Dua Fraksi Ini Beri Catatan

"Saya lihat fasilitas perpustakaan sudah cukup bagus. Informasi dari pihak perpustakaan bahwa anggota perpustakaan pada Thun 2014 mencapai 4.500 orang sekarang sudah hampir 6.000 orang berarti sudah ada peningkatan sekitar 25 persen. Ini merupakan sesuatu hal yang luar biasa, berarti Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah memiliki perhatian yang luar biasa terhadap peningkatan minat baca masyarakat," kata Latifah, saat bersama-sama Tim Kunker Komisi X DPR meninjau Badan Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Provinsi Kaltim, Jalan Ade Irma S.N Palangka Raya, Selasa 3 Mei 2016.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa, mengutarakan bahwa untuk menjadi suatu negara yang maju, satunya adalah dengan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), dan ini telah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan salah satunya melalui fasilitas perpustakaan.

Mungkinkah RUU Perlindungan Data Pribadi Selesai dalam 4 Bulan?

"Kami (Komisi X-red) mengaspresiasi pengelola perpustakaan ini, meskipun tidak mendapatkan tambahan buku-buku dari Perpustakaan Nasional, tetap berupaya untuk mendapatkan anggaran dari Pemerintah Daerah," ujarnya.

Selain itu, Lathifah juga melihat warung internet berteknologi digital yang berada di perpustakaan ini banyak diminati mulai dari siswa sekolah dasar. dan mereka sudah cukup baik dalam menggunakan alat-alat teknologi yang menggunakan jaringan internet tersebut.

RUU Permusikan, Belenggu Kebebasan Musisi?

"Saya berpesan kepada para pustakawan untuk terus meng update pengetahuan yang baru, karena kalau tidak, nanti akan kalah dengan pengunjungnya," katanya.

Namun dia memprihatinkan atas penilaian bahwa minat baca secara nasional masih sangat rendah. "Komisi X mendorong Perpustakaan Nasional untuk meningkatkan sosialisasi minat baca di seluruh penjuru tanah air," kata Lathifah, asal dari Dapir Jawa Timur V. (www.dpr.go.id)

Ketua Komisi VIII, Yandri Susanto.

Yandri Susanto dari Fraksi PAN Jadi Ketua Komisi VIII

Pada kesempatan sama Rachmat Gobel jug melantik pimpinan komisi V.

img_title
VIVA.co.id
30 Oktober 2019