Proyek Penanggulangan Banjir Sungai Deli Terkendala Sampah

Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V DPR RI
Sumber :

VIVA.co.id – Pembangunan penanggulangan banjir Sungai Deli di Medan Sumatera Utara terkendala masalah sampah. Hal tersebut disampaikan Ketua Tim Kunjungan Kerja Komisi V DPR RI Muhidin M. Said saat mengunjungi pembangunan penanggulangan banjir Sungai Deli di Marela, Medan, Sumatera Utara, Senin 2 Mei 2016.

Anies Pilih Temui Warga, Ketimbang Ikut Rapat di DPR Soal Banjir

"Yang menjadi kendala adalah sampah. Persampahan ini sangat luar biasa. Sebagaimana kita lihat sampah mengalir sangat luar biasa,” katanya.

Ia mengatakan, harus dilakukan saringan-saringan terutama di hulu sebelum sampai ke hilir nantinya.  "Kalau dibiarkan terus menerus seperti ini, ini bisa menghambat kelancaran arus air itu. Dan kalau terjadi apa-apa inilah yang kita khawatirkan," ujar Muhidin.

Yandri Susanto dari Fraksi PAN Jadi Ketua Komisi VIII

Menurutnya, pembangunan penanggulangan banjir ini sangat penting sekali untuk Kota Medan. Karena satu-satunya sungai yang membelah Kota Medan adalah Sungai Deli.

Masalah lain dalam pembangunan penanggulangan banjir ini, lanjut Wakil Ketua Komisi V DPR ini, yaitu masalah ganti rugi tanah bagi warga yang tinggal di pinggiran sungai.

DPR RI Tetapkan Daftar Nama Anggota Komisi dan AKD

"Daerah-daerah pinggiran sungai pemukimannya sudah padat, ini yang harus dilakukan pembenahan kembali atau bagaimana memindahkan masyarakat ini ke tempat-tempat lain," katanya.

Hal ini agar pekerjaan dari Kementerian PU khususnya Balai Air Kementerian PU  berjalan dengan baik. (www.dpr.go.id)

Presiden Jokowi dan Anies Baswedan

Tak Hadir RDP Banjir, DPR Bandingkan Sikap Anies dan Jokowi

Komisi V merasa kecewa karena Anies Baswedan tak datang.

img_title
VIVA.co.id
26 Februari 2020