Komisi IV Temukan Impor Cabai Keriting Kering di Belawan

Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi IV DPR RI
Sumber :

VIVA.co.id – Tim Kunjungan Kerja Komisi IV DPR RI yang dipimpin oleh Ketua Komisi IV, Edhi Prabowo menemukan berkarung-karung cabai keriting kering impor di Balai Karantina Pertanian, Belawan, Medan, Sumatera Utara, Senin, 2 Mei 2016.

DPR RI Tetapkan Daftar Nama Anggota Komisi dan AKD

Hal tersebut tentu sangat disesalkan oleh Tim Kunker Komisi IV DPR RI. Anggota Komisi IV Rahmad Handoyo misalnya yang meyakini bahwa impor cabai merah kering ini diluar kebijakan Kementerian Pertanian. Pasalnya, selama ini pertanian hanya mengijinkan impor cabai basah, bukan cabai kering.

"Ironis dan sangat disayangkan, impor cabai saja sudah mengecewakan di tengah meningkatnya produksi cabai dalam negeri. Apalagi ini cabai kering. Tentu sangat menyakitkan petani,"ujar Rahmad.

Sepakat Revisi UU MD3, Dua Fraksi Ini Beri Catatan

Tidak hanya itu, Rahmad juga meyakini jika impor cabai keriting kering itu terus dilakukan, maka tidak hanya petani cabai yang akan menjerit, namun juga akan mempengaruhi perekonomian dalam negeri.

Oleh karena itu pihaknya meminta agar pemerintah menghentikan impor cabai merah, apalagi cabai kering. Lebih lanjut ia mengusulkan agar Komisi IV membentuk tim gabungan dengan Komisi VI DPR yang membidangi perdagangan untuk membahas permasalahan impor cabai keriting kering ini.

Mungkinkah RUU Perlindungan Data Pribadi Selesai dalam 4 Bulan?

"Pada dasarnya perekonomian kita harus berpihak pada wong cilik. Dengan adanya impor cabai kering ini pastinya jauh dari tujuan itu. Oleh karena itu saya mengusulkan untuk membentuk tim gabungan dengan komisi VI DPR yang membidangi perdagangan untuk membahas permasalahan impor cabai keriting kering ini," ujarnya. (www.dpr.go.id)

Ketua Komisi VIII, Yandri Susanto.

Yandri Susanto dari Fraksi PAN Jadi Ketua Komisi VIII

Pada kesempatan sama Rachmat Gobel jug melantik pimpinan komisi V.

img_title
VIVA.co.id
30 Oktober 2019