Pengawasan atas Orang Asing Diminta Jangan Berlebihan

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Tak lama setelah muncul kebijakan bebas visa, pemerintah pun membentuk Tim Pengawasan Orang Asing (PORA). Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) bahkan mengatakan tim ini ditempatkan ke pelosok daerah. Namun pembentukan tim ini juga dikhawatirkan bisa merugikan pariwisata. Anggota Komisi X DPR RI, Dadang Rusdiana, meminta tidak ada pengawasan yang berlebihan.

Tangkal Serbuan Warga Asing, Imigrasi Minta Bantuan Polisi

"Jadi kenapa mesti mengawasi berlebihan. Berbekal pemeriksaan passport yang dibarengi dengan sistem informasi keintelejenan yang memadai dan berbagai peraturan yang sudah ada untuk mencegah penyalahgunaan kunjungan untuk kepentingan kan mudah dilakukan," kata Dadang ketika dihubungi VIVA.co.id, Selasa 3 Mei 2016.

Politikus Partai Hanura itu meminta agar pengawasan yang sudah ada di beberapa sektor tinggal dimaksimalkan saja. Hal itu untuk mencegah penyalahgunaan yang dilakukan wisatawan.

Menaker Ditantang Beberkan Data Pekerja Asing di Indonesia

"Termasuk apabila disalahgunakan untuk hal-hal lain, seperti mencari pekerjaan dan lain-lain. Sistem pengawasan yang selama ini cukup memadai," ujar Dadang.

Menurut Dadang, pengawasan berlebihan nanti bisa bertolak belakang dengan kebijakan bebas visa, karena bisa membuat turis takut. Sementara kebijakan bebas visa memang dimaksudkan untuk menarik banyak turis.

Hotel Tak Lapor Diinapi Orang Asing Bisa Kena Sanksi

"Jadi intinya pengawasan berlebihan jangan sampai bertolak belakang dengan kebijakan bebas visa yang dilakukan. Walau bagaimanapun, pengawasan yang berlebihan akan berpengaruh terhadap citra pariwisata Indonesia," kata Dadang.

(ren)

Direktur Jenderal Imigrasi Kemenkumham, Ronny F Sompie, usai mengukuhkan anggota Timpora tingkat kecamatan di Semarang, Jawa Tengah, pada Rabu, 4 April 2018.

Cegah Rahasia Negara Bocor, Orang Asing Diawasi Ketat

Tim pengawasan orang asing dibentuk hingga tingkat desa.

img_title
VIVA.co.id
4 April 2018