P2TP2A Papua Barat Perlu Diberdayakan

Anggota DPR Komisi VIII, Desy Ratnasari.
Sumber :

VIVA.co.id – Kantor Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Papua Barat di Manokwari perlu diberdayakan. Pasalnya, kantor ini belum memiliki fasilitas rumah aman dan psikolog untuk para korban kekerasan.

Ketua DPR Ceritakan Pengalaman Pertemuan di Australia

Anggota Komisi VIII DPR RI Desy Ratnasari  menyampaikan hal tersebut di Manokwari, Senin 2 Mei 2016, saat meninjau langsung kantor P2TP2A dalam rangkaian kunjungan kerja.

"Yang mecengangkan, kantor P2TP2A  Papua Barat belum memiliki fasilitas rumah aman dan psikolog. Padahal ini penting untuk merehabilitasi psikis para korban agar bisa menyatu lagi dengan keluarga dan masyarakat,”kata Desy.

Komisi VIII: Panwaslu & Polisi Harus Lakukan Tindakan Tegas

Kasus kekerasan tethadap perempuan di Papua Barat, lanjut politisi PAN ini, masih cukup tinggi. Dari data yang ada di kantor P2TP2A setempat, pada 2015, ada 280 kasus kekerasan terhadap perempuan dan 15 kasus terhadap anak. Sebelumnya, tahun 2014 kekerasan terhadap perempuan ada 192 kasus dan anak 12 kasus.

"Mungkin masih banyak korban lain yang tidak mau melapor. Ini patut dicermati. P2TP2A perlu lebih proaktif melihat korban kekerasan yang tidak berani melapor. Bahkan, korban kekerasan terhadap penyandang disabilitas juga perlu dideteksi. Sayangnya,  P2TP2A belum mampu mendeteksi para korban kekerasan di masyarakat yang tidak melapor," ujar Desy. (www.dpr.go.id)

Fraksi PKB Launching RUU Pendidikan Madrasah dan Ponpes
Komisi V DPR apresiasi pembangunan venue Cabor Kano oleh Kementerian PUPR.

Komisi V Harapkan Venue Cabor Kano jadi Objek Wisata

Komisi V DPR harapkan cabor kano jadi objek wisata di Majalengka.

img_title
VIVA.co.id
30 April 2018