Serangan Buruh Kasar WNA Ancam Kesejahteraan Buruh Indonesia

Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon.
Sumber :

VIVA.co.id – Peringatan Hari Buruh Internasional 1 Mei 2016, menjadi momen bagi banyak pihak untuk menyoroti isu perburuhan. Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon, menekankan bahwa serangan buruh kasar warga asing menjadi salah satu persoalan bagi para buruh di Indonesia.

Revitalisasi Bandara Halim, Penerbangan Pindah Pondok Cabe dan Soetta

"Masuknya banyak warga asing yang bekerja di Indonesia sebagai buruh kasar, itu ancaman langsung bagi buruh di Indonesia. Salah satu tujuan utama dari investasi asing adalah menciptakan lapangan kerja bagi warga negara Indonesia," ujarnya Senin 2 Mei 2016.

Ia menambahkan, kalau melihat situasi saat ini, dimana buruh asing datang secara masif ke Indonesia, sebagai syarat melekat dari investasi yang ditanamkan, itu sama saja dengan penjajahan.

Bandara Halim Perdanakusuma Mau Ditutup? Ini Penjelasan Kemenhub

"Tak hanya itu, warga asing yang menjadi buruh kasar banyak yang ilegal. Pemerintah harus membatasi dan menyaring tenaga kerja asing yang masuk ke Indonesia. Jika bagi mereka yang punya keahlian khusus yang di Indonesia belum ada yang menguasainya, itu tidak jadi masalah," ujar Politisi Gerindra ini.

Ia mengingatkan, jangan sampai pekerjaan domestik yang masih dapat dikerjakan oleh tenaga kerja Indonesia, diberikan juga kepada warga asing. Jangan sampai buruh domestik tertindas lantaran pemerintah tidak tegas.

Komplotan Penjual Surat PCR Palsu di Bandara Halim Ditangkap

"Di tengah interaksi ekonomi yang semakin terbuka, negara harus semakin hati-hati terhadap berbagai ancaman. Salah satunya ancaman buruh asing yang akan mengancam pula kesejahteraan buruh Indonesia," katanya.  (webtorial)

Proses pemindahan pesawat dari Bandara Halim Perdanakusuma.

Bandara Halim Mulai Revitalisasi, 67 Pesawat Komersil Dipindahkan

Perpindahan pesawat dari Bandara Halim Perdanakusuma paling banyak dilakukan ke Bandara Soekarno Hatta.

img_title
VIVA.co.id
26 Januari 2022