Apel Besar NU Kukuhkan 1 Juni 1945 Hari Lahir Pancasila

Apel Besar Harlah ke-93 NU.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Umarul Faruq

VIVA.co.id – Nahdlatul Ulama melaksanakan peringatan Hari Lahir NU ke-93 di lapangan Candra Wilwatikta, Pasuruan Jawa Timur. Acara itu dihadiri sekitar 15 ribu massa yang berasal dari kalangan Nahdliyin dan ormas-ormas se-Jawa Timur, antara lain Persatuan Alumni GMNI, FKPPI, PMKRI, GMKI, dan lain-lain.

Megawati Sindir Pihak yang Kritik Pancasila: Jangan Hidup di Indonesia!

Dalam acara yang digelar pada Sabtu malam 30 April, tersebut, NU secara resmi dan kelembagaan meminta kepada Presiden Joko Widodo untuk menetapkan 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahirnya Pancasila.

“PBNU telah melakukan berbagai kajian akademis, baik yang bersifat historis maupun ideologis, dan hasilnya tidak dapat dipungkiri bahwa pada tanggal 1 Juni 1945 itulah di depan sidang BPUPKI Bung Karno untuk pertama kalinya mencetuskan dan menawarkan gagasannya tentang lima dasar Indonesia Merdeka yang beliau beri nama Pancasila,” kata Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj dalam keterangan tertulis yang diterima VIVA.co.id, Minggu 1 Mei 2016.

Pimpin Upacara Hari Pancasila, Jokowi: Saya Ajak Semuanya Menolak Politisasi Identitas

Ketua PWNU Jawa Timur, Kiai Muttawaqil Alallah, mengaku prihatin karena sampai detik ini hingga menjelang 72 tahun Indonesia Merdeka, Hari Lahirnya Pancasila sebagai dasar negara masih saja belum ditetapkan. “Bayangkan, hari Buruh saja kita peringati, hari Proklamasi juga kita peringati dan lain-lain, kok hari lahirnya Pancasila tidak pernah kita peringati,” kata Muttawaqil.

Komandan Apel Besar NU, Saefullah Yusuf menegaskan bahwa NU akan mengawal penetapan tersebut benar-benar dilakukan oleh pemerintah. "Dari Jawa Timur akan kami akan kawal penetapan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila," ujarnya.

Distrik Seni Kini Hadir di Sarinah

Megawati Soekarnoputri yang diundang secara khusus oleh panitia dalam kapasitasnya sebagai Presiden ke-5 RI dan putri Bung Karno didapuk untuk menerima dokumen kajian akademis yang telah disusun oleh PBNU tentang usulan penetapan 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila. Dokumen tersebut diserahkan langsung di hadapan 15 ribu hadirin dan tokoh tokoh NU se-Jawa Timur oleh Ketua Umum PBNU, Said Aqil Siradj.

Megawati mengungkap perasaan kerinduannya dengan keluarga besar NU. Dia mengatakan hubungan baik dengan NU sudah terbina baik sejak jaman Bung Karno hingga ia meneruskan hubungan dengan Gus Dur.

Meskipun sering terjadi perbedaan pendapat dengan Gus Dur pada masa lalu, tetapi hubungan pribadi dan kekeluargaan selalu baik hingga saat ini. Mega mengisahkan bahwa Gus Dur pernah berpesan kepadanya bahwa antara NU dan PDI Perjuangan atau kalangan Nasionalis tidak boleh pecah.

"Karena jika NU dan Nasionalis pecah, negara ini bisa bubar. Mari kita jaga persatuan bangsa dengan perekat ideologi Pancasila," tutur Mega.

Ketua Fraksi PDI Perjuangan MPR, Ahmad Basarah, mengungkapkan kebahagiaan dan apresiasinya atas prakarsa PBNU mengusulkan penetapan 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila kepada Presiden Jokowi. Hal ini akan melengkapi dokumen ketatanegaraan yang telah menetapkan tanggal 18 Agustus 1945 sebagai Hari Konstitusi melalui Keppres Nomor 18 Tahun 2008.

"Seperti kita ketahui pada tanggal 18 Agustus 1945 tersebut Pantia Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau (PPKI) telah mengesahkan untuk pertama kalinya UUD 1945 sebagai konstitusi negara Indonesia merdeka. Dengan demikian akan semakin sempurnalah jika tanggal 1 Juni 1945 ditetapkan sebagai Hari Lahirnya Pancasila melalui sebuah keputusan presiden,” kata Ahmad Basarah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya