Ketua DPD Akhirnya Tanda Tangani Tata Tertib Baru

Irman Gusman.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma

VIVA.co.id – Dewan Perwakilan Daerah (DPD) akhirnya mengakhiri kegaduhan selama ini. Setelah sidang ricuh beberapa waktu lalu, Ketua DPD Irman Gusman mengikuti kemauan sebagian anggota DPD untuk menandatangani tata tertib (tatib) baru.

Pengganti OSO di Pimpinan MPR Harus Lewat Paripurna DPD

Seperti diketahui, dalam tata tertib itu berisi pemotongan masa jabatan ketua DPD yang selama ini menjadi bahan kegaduhan. Irman dan Wakilnya, Farouk Muhammad dan GKR Hemas, akhirnya menandatangani rancangan perubahan tatib yang drafnya dibawakan ke depan oleh Ketua Badan Kehormatan, AM Fatwa.

Hemas, sebagai pimpinan sidang kemudian mengatakan bahwa ada kesepakatan lanjutan setelah rancangan tatib itu diteken. DPD, katanya, akan membentuk Panitia Khusus (Pansus) lagi untuk mengubah kembali tatib tersebut di waktu berikutnya.

Gede Pasek Siap Gantikan OSO Jadi Wakil Ketua MPR

"Disepakati untuk dibentuk Pansus yang akan ditugaskan untuk mengubah tatib tersebut. Apa dapat disetujui? tanya Hemas di depan peserta sidang, Jumat, 29 April 2016.

Setelah disetujui, Hemas pun mengetuk palu. Hemas menyampaikan pembentukan Pansus ini akan dimulai pada masa sidang selanjutnya, yakni pada 27 Mei 2016.

Putusan PTUN Diharapkan Hentikan Kisruh DPD

Sebenarnya, di awal sidang sempat muncul interupsi yang membikin gaduh. Penyampai interupsi itu ingin agar Pimpinan DPD menandatangani terlebih dahulu sebelum membuka sidang.

"Kita tanda tangani dulu lah baru buka sidang. Kenapa sih enggak menghormati keputusan BK," kata anggota DPD, Asri Anas. (ase)

Ketua Umum DPP Hanura, Oesman Sapta Odang (kiri).

Maju Lagi Jadi Anggota DPD, Oso Dikritik

Oso mendaftar jadi senator untuk dapil Kalimantan Barat.

img_title
VIVA.co.id
28 April 2018