Polemik RUU Tax Amnesty

Pemerintah Tak Berani Garansi Soal Total Capital Inflow

Jusuf Kalla
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Wakil Presiden Jusuf Kalla mengakui, belum bisa memberi jaminan secara pasti berapa capital inflow yang bisa diperoleh pemerintah dalam Tax Amnesty atau pengampunan pajak. Namun dengan pengampunan pajak ini, setidaknya pemerintah mengharapkan ada dua keuntungan yang diperoleh.

Kemenkeu Tegaskan Tidak Akan Ada Program Pengampunan Pajak Lagi

"Ada dua manfaat yang diharapkan dari tax amnesty itu. Manfaat pertama, ekonomi akan lebih tambah dia punya dana pembangunan masyarakat," kata Kalla, di kantornya, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Jumat 29 April 2016.

Ia menjelaskan, dengan repatriasi sebagai salah satu yang difasilitasi maka dana dari luar negeri bisa masuk dalam bentuk investasi fisik, seperti pembangunan pabrik, industri hingga pertanian.

DJP Tegaskan Tax Amnesty Jilid II Ditegaskan Tak Langgar Aturan Pajak

"Berarti menambah kegiatan ekonomi," ujarnya.

Keuntungan kedua, lanjut mantan Ketua Umum DPP Golkar itu, bisa menambah penghasilan pajak. Jelas Kalla, untuk yang masuk kategori repatriasi maka dikenakan 1 persen. Sementara yang deklarasi, dikenakan 4 persen.

Program PPS Pajak Berakhir, Pengusaha Harapkan Ini ke Ditjen Pajak

"Jadi bukan hanya urusan pajak tetapi urusannya adalah lebih kepada ekonomi. Ini investasi berjalan dengan lebih baik lagi. Dengan tanpa dia penalti," katanya.

Mahfud MD Debat Cawapres Pemilu 2024

Pertanyakan Program Tax Amnesty, Mahfud MD: Enggak Jelas Hasilnya!

Calon Wakil Presiden nomor urut 3, Mahfud MD, mempertanyakan soal kejelasan program Tax Amnesty yang sempat diusung pemerintah.

img_title
VIVA.co.id
22 Desember 2023