Syarat Mutlak yang Harus Dipenuhi Calon Ketum Golkar

Theo L Sambuaga
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVA.co.id – Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Theo L Sambuaga mengatakan, ada kemungkinan pemilihan ketua umum Partai Golkar dilakukan secara aklamasi bila hanya ada satu calon yang memenuhi minimal dukungan 30%. Golkar akan menggelar Munaslub pada akhir Mei 2016 di Bali.

Percepatan Munas Hal yang Lazim Setiap Partai Usai Pemilu

"Kalau ada yang mencapai 30% cuma satu, di atas 30% berarti kan cuma ada satu calon. Maka akan langsung ditetapkan secara aklamasi," katanya di aula DPP Partai Golkar, Jalan Anggrek Neli, Jakarta Barat, 28 April 2016.

Menurutnya, pengambilan suara ulang dalam Munaslub partai berlambang pohon beringin ini mungkin terjadi apabila pencapaian angka 30% terjadi lebih dari satu calon. Dalam kasus ini, pengambilan suara ulang akan dilakukan pada hari dan tempat yang sama .

Priyo Tolak Airlangga Hartarto Dipilih Aklamasi dalam Pleno

"Kalau ada yang mencapai 50% lebih, tetapi tetap ada calon yang mencapai 30%, berarti ada dua calon. Divote lagi," ujarnya.

Pendaftaran calon ketua umum dilaksanakan pada 3-5 Mei 2016. Setelah itu para caketum akan melalui beberapa tahapan.

Munaslub Golkar Bisa Digelar Sebelum Akhir Desember 2017

Adapun tahapannya; sosialiasi ke daerah-daerah dan debat publik yang disiarkan secara langsung di salah satu televisi. Debat publik tersebut akan menghadirkan pakar-pakar dan panelis.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar, Aburizal Bakrie (ARB), mengatakan ada lebih dari sepuluh bakal calon yang namanya masuk dalam bursa calon.

Laporan: Filzah Adini Lubis

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya